News

Dokter Gizi Minta tidak Asal Tiru Diet Selebriti

berat badan/ilustrasi.

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Diet selebriti Tya Ariestya yang dituangkan dalam buku terbarunya viral di media sosial. Meski berhasil menurunkan berat badan, diet ini menuai sejumlah kontroversi.

Dokter spesialis gizi klinis Diana F. Suganda menyarankan untuk tidak meniru diet yang dijalani selebriti atau diet yang sedang viral. Salah menjalani diet dapat berdampak buruk pada kesehatan.

“Jangan ikut-ikutan diet yang sedang kekinian, misalnya mengikuti diet si A atau diet si B. Karena efeknya akan berbeda pada setiap orang. Sebaiknya, konsultasi atau pahami terlebih dahulu,” kata Diana dalam e-Life Detik Health, Jumat (5/3/2021).

Diana menjelaskan setiap orang memiliki kebutuhan diet yang berbeda-beda.

“Diet atau pengaturan pola makan itu spesifik, tidak ada yang sama. Orang yang kembar pun enggak akan sama karena kebutuhan masing-masing kalori, protein, dan lemak berbeda,” tutur Diana.

Pengaturan diet disesuaikan dengan jenis kelamin, usia, tinggi badan, aktivitas fisik yang dijalani, dan kondisi medis seseorang. Misalnya, seseorang yang memiliki penyakit tertentu seperti hipertensi akan memiliki pengaturan pola makan yang berbeda dengan orang yang memiliki diabetes.

Meniru diet yang dijalani orang lain tanpa mengetahui kondisi diri berisiko menimbulkan sejumlah penyakit seperti kekurangan energi, kekurangan protein, atau nutrisi tertentu.

Untuk menjalani diet yang baik, Diana merekomendasikan agar setiap orang mengetahui kondisi dirinya sendiri. Setelah itu, tetapkan tujuan untuk menjalani diet. Pastikan diet yang dijalani bertujuan untuk menjalani gaya hidup sehat.

“Begitu sudah tahu, cari sumber yang tepat, ke dokter gizi atau orang yang berkompeten karena meniru diet si A belum tentu cocok buat si B,” ujar Diana.

 

cnn

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top