Ekonomi

Lazada Gandeng BRI untuk Tingkatkan Potensi UMKM

 

 

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Lazada Indonesia menjalin kerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) untuk meningkatkan skala bisnis usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di sejumlah kabupaten dan kota.

”Selama satu tahun ke depan, Lazada dan BRI akan berkolaborasi dalam berbagai inisiatif yang mendukung UMKM. Program ini merupakan salah satu bentuk dukungan Lazada atas program pemerintah untuk delapan juta UMKM Go Digital pada 2019,” kata Co-CEO Lazada Indonesia Florian Holm, Rabu (28/2/2018).

Holm melanjutkan, tahun lalu Lazada mengunjungi sebelas kota di Indonesia untuk memberikan pelatihan mengenai pemasaran produk secara online kepada ribuan pelaku UMKM. Tahun ini, selain membawa program #UpgradeUKM bagi UMKM yang baru akan berjualan online, pihaknya juga akan memperkenalkan Lazada University.

“Ini merupakan fasilitas bagi para UMKM yang sudah menjadi seller Lazada dan siap memaksimalkan potensi pasar e-commerce marketplace lebih jauh,” tambah Holm.

Menurut Holm, potensi bisnis UMKM di Indonesia cukup besar. Sebab, Indonesia memiliki jumlah penduduk usia produktif yang besar. Mereka juga memegang peran penting dalam pertumbuhan ekonomi digital Indonesia, baik sebagai pelaku usaha UMKM maupun penyedia jasa lain terkait industri digital.

Jadi, kami membantu UMKM agar dapat mengembangkan usahanya secara online, merupakan fokus kami tahun ini,” ungkap Holm.

Sementara itu, BRI adalah bank BUMN yang fokus pada pengembangan UMKM. Sepanjang 2017, Bank BRI telah menyalurkan Rp 69,4 triliun dana kredit usaha rakyat (KUR) kepada lebih dari 3,7 juta debitor baru. Dari jumlah tersebut, sebanyak 41 persen telah digunakan untuk sektor produktif.

“Pemberdayaan UMKM di Indonesia perlu didukung dari berbagai sisi, mulai kemudahan akses pembiayaan hingga upaya peningkatan kapasitas serta kapabilitas mereka,” papar Direktur Hubungan Kelembagaan BRI Sis Apik Wijayanto.

To Top