Ekonomi

Perusahaan Semen Olah Limbah Batubara PLN

 

 

imbah pembakaran batubara di pembang­kit listrik tenaga uap (PLTU) milik PT PLN (Persero) akan dapat diolah oleh PT Semen Indonesia (Persero) Tbk dan Semen Baturaja (Persero) Tbk untuk peningkatan produksi semen dan turunannya mulai April mendatang.

“Perjanjian kerja sama (PKS) dari nota kesepahaman ini seharusnya sebulan dari hari ini sudah bisa diteken dan bisa jalan,” kata Direktur Human Capital Management PT PLN, Muhamad Ali seusai penandatanganan nota kesepa­haman di Kementerian BUMN Jakarta, Kamis (15/3/2018).

Limbah batubara yang juga merupakan produk samping­an, Fly Ash dan Bottom Ash (FABA), merupakan Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) yang dihasilkan dari konsum­si batubara untuk bahan baku produksi semen.

PLN sendiri setiap tahunnya menghasilkan sekitar 5,23 juta ton FABA dan memasoknya ke sejumlah perusahaan semen swasta untuk diolah. Selain dijual kepada perusa­haan semen swasta, FABA juga dimanfaatkan untuk mem­buat paving block dan alas jalan sebelum pengaspalan.

Setelah bersinergi, Ali mengatakan pihaknya akan tetap memasok FABA ke perusahaan semen swasta dan perusa­haan semen BUMN. Namun, ia mengaku belum bisa memastikan pembagian pasokan FABA antara perusahaan semen swasta dan BUMN lantaran masih melakukan penghitungan sebelum disepa­kati dalam PKS April mendatang.

To Top