News

HMI MPO Klarifikasi Soal Demo di Pelabuhan Makassar

foto/dok.pribadi : Ketum HMI MPO Cabang Makassar/Muhammad Asmin

MAKASSAR, EDUNEWS.ID – Ketua Umum HMI MPO Cabang Makassar Muhammad Asmin menyebut aksi demonstrasi kader HMI di Pelabuhan Makassar pada (21/11/2023) bukanlah kader HMI MPO.

Asmin mengatakan peristiwa tersebut harus diklarifikasi lantaran masih banyak pihak yang tak tahu menahu perihal dualisme HMI.

“Perlu diketahui bahwa HMI itu ada dua. Ada HMI MPO dan ada HMI Dipo. Keduanya berbeda dari akar rumput, yakni konstitusi, jadi bukan sekadar dualisme yang berbeda secara struktural saja,” jelas Asmin kepada edunews.id, Kamis (23/11/2023).

Apalagi menurutnya, peristiwa tersebut merupakan hal yang tidak pantas dilakukan kader HMI dan bakal merugikan HMI secara organisasi.

Dia menegaskan bahwa Kongres HMI MPO sudah digelar pada awal 2023 di Jakarta Selatan.

“Hal ini membuktikan bahwa kader HMI dibalik aksi demo yang meresahkan masyarakat kemarin, tidak datang dari HMI MPO, melainkan HMI Dipo. Sebab, kongres HMI Dipo memang akan digelar Bulan ini di Pontianak,” tambahnya.

Pihaknya pun menyayangkan kejadian tersebut sebab membuat publik antipati terhadap HMI.

“Pepatah arab mengatakan al adabu fauqol ilmi yang artinya adab itu lebih tinggi daripada ilmu. Kalau hanya mengandalkan ilmu tanpa dibarengi adab, iblis lebih bisa. Sebab iblis diberikan keistimewaan oleh Allah lebih pintar dari pada manusia,” ujar Asmin.

“Perihal kejadian aksi demonstrasi yang dilakukan oleh para kader HMI menunjukkan adanya kemunduran kajian adab dalam berorganisasi, sehingga sifat menghalalkan segala cara dalam mencapai apa yang diinginkan masih kental dalam pikiran dan tindakan,” tutupnya.

Sebelumnya diberitakan, massa HMI Dipo Sulawesi Selatan dan Barat berdemonstrasi di Pelabuhan Makassar gegara sebagian dari mereka tidak memiliki tiket kapal untuk menghadiri Kongres HMI.

Baca Juga :   Pemkab Wajo Tambal Jalan Berlubang Jelang Mudik

Massa meminta pihak Pelni memberangkat mereka tanpa tiket namun ditolak.

Dalam aksi tersebut, massa HMI membakar ban bekas di depan pintu masuk Pelabuhan Makassar.

Sementara sebagian massa HMI berada di dalam area pelabuhan sambil melakukan orasi secara bergantian.

“Pihak Pelni tidak memberikan kita berangkat ke Pontianak,” kata salah satu orator, Selasa (21/11/2023).

Sebagai informasi, terdapat ribuan kader HMI dari Sulsel dan Sulbar di Pelabuhan Makassar.

Mereka menunggu kapal asal Surabaya dengan rute Balikpapan.

Diketahui, kongres HMI ke XXXII akan berlangsung di Kota Pontianak, Kalimantan Barat, pada 24-29 November 2023 mendatang.

Kongres bakal dibuka langsung Presiden Joko Widodo.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dan Mitra silakan menghubungi 085171117123

ALAMAT

  • Branch Office : Gedung Graha Pena Lt 5 – Regus – 520 Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Pampang, Makassar Sulawesi Selatan 90234
  • Head Office : Plaza Aminta Lt 5 – Blackvox – 504 Jl. TB Simatupang Kav. 10 RT.6/14 Pondok Pinang Kebayoran Lama, Jakarta Selatan 12310. Telepon : 0411 366 2154 – 0851-71117-123

 

Copyright © 2016 @edunews.id

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com