Hukum

Kejati Jatim Tahan Plt Dirut PD Pasar Surya

 

 

SURABAYA, EDUNEWS.ID – Tim penyidik Seksi Pidana Khusus (Pidsus) Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur, Rabu (28/2/2018) sore, melakukan penahanan terhadap Plt Dirut PD Pasar Surya yang juga menjabat Direktur Administrasi Keuangan, Michael Bambang Parikesit.

Penahanan tersebut dilakukan setelah penyidik melakukan pemeriksaan. Michael Bambang Parikesit diduga terlibat kasus korupsi dana revitalisasi peremajaan atau pembangunan PD Pasar Surya periode tahun 2015-2016. Penyidik telah menetapkannya sebagai tersangka. Dia langsung dijebloskan ke dalam Rutan Klas I, Cabang Kejati Jawa Timur.

“Penahanan dilakukan untuk mempermudah penyidikan, juga pengembangan kasus. Kemudian tidak melarikan diri dan menghilangkan barang bukti,” kata Asisten Pidana Khusus (Aspidsus) Didik Farkhan Alisyahdi, Rabu (28/2/2018).

Dia menjelaskan, Michael diduga telah menggunakan sebagian dana revitalisasi sebesar Rp 20 miliar untuk kegiatan lain-lain. Sesuai perencanaan, dana penyertaan modal Pemkot di PD Pasar itu akan digunakan untuk perbaikan dan pembangunan sarana dan prasarana beberapa pasar.

Namun kenyataannya dana malah digunakan di luar itu. Karena, dana yang bersumber dari APBD kota Surabaya itu dimarkup menjadikan satu dengan dana operasional. Sehingga terdapat kerugian negara nilainya sebesar Rp 14,8 miliar.

Selain itu, tersangka Michael yang juga tersangkut kasus kredit koperasi karyawan PD Pasar dari BRI senilai Rp 13,4 miliar itu digunakan untuk operasional PD Pasar. “Uang pencairan kredit itu sekarang sudah diblokir Dirjen Pajak. Karena PD Pasar mempunyai tanggungan pajak sebesar Rp 17 miliar,” kata mantan Kajari Surabaya.

To Top