Nasional

Mahfud MD Soal Investor Asing IKN Tak Ada: Cari Terus Mas Bahlil

Mahfud MD

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Mantan Menko Polhukam, Mahfud MD merespons kabar Ibu Kota Nusantara (IKN) yang hingga saat ini belum punya investor asing.

Sebelumnya, ramai dibincangkan, pernyataan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia yang mengakui bahwa belum adanya investasi asing di IKN.

Pengakuan Bahlil mengundang reaksi, salah satunya dari Mahfud MD. Lewat akun X (dulu Twitter) resminya, Ia meminta agar Bahlil terus berupaya mencari investor IKN, sebelum tenggat waktu yang ditetapkan.

“Oooh sampai saat ini belum ada ya? Cari terus, Mas Bahlil,” ungkap Mahfud, dalam cuitan @mohmahfudmd, Rabu, (12/6/2024).

Mahfud melanjutkan, target penanam modal asing (PMA) masuk IKN harus sudah jelas setelah 17 Agustus 2024. Pasalnya, jika tak demikian, ia menegaskan IKN hanya akan jadi proyek abadi yang tidak tentu arah pembangunannya.

“Setelah 17 Agustus itu perlu jelas deadlinenya. Bisa 6 bulan lagi, bisa 2 tahun lagi, bahkan entah sampai kapan,” sambung Mahfud dalam cuitan serupa.

Bahlil Dicecar Soal Investor Asing IKN

Sebelumnya dalam Rapat Kerja (Raker) dengan Komisi VI DPR RI, di Senayan, Jakarta, Selasa, (11/6/2024), Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia oleh anggota DPR ditanya mengenai belum adanya investor asing di IKN.

Alasannya, kenyataan ini berbanding terbalik dengan klaim Bahlil yang beberapa investor asing akan banyak masuk ke calon ibu kota baru tersebut.

Merespons hal tersebut, Bahlil mengatakan bahwa PMA sejatinya bakal masuk pada tahap kedua pembangunan. Sementara itu, saat ini pembangunan di IKN masih fokus merampungkan tahap pertama.

“Kalau ditanya kenapa belum ada investasi asing? Desain kita itu adalah, cluster pertama ini selesai, yang disebut dengan jalan utama ya, lingkaran satu, sudah selesai, baru masuk investasi asingnya itu di lingkaran kedua, tahap kedua,” kata Bahlil.

Baca Juga :   Hakim Vonis Mantan Kepala Bea Cukai Makassar 12 Tahun Penjara

“Jadi kalau ditanya apakah investasi di IKN itu ada atau tidak? Ada semuanya dari PMDN untuk sementara. Asingnya kapan? Mereka sudah melakukan komunikasi dengan kita kapan mereka bisa memulai. Tapi kita katakan bahwa setelah tanggal 17 Agustus baru kita lihat, karena infrastruktur mereka di cluster kedua itu baru bisa clear, baru bisa clear. Itu menyangkut dengan IKN,” Imbuhnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dan Mitra silakan menghubungi 085171117123

ALAMAT

  • Branch Office : Gedung Graha Pena Lt 5 – Regus – 520 Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Pampang, Makassar Sulawesi Selatan 90234
  • Head Office : Plaza Aminta Lt 5 – Blackvox – 504 Jl. TB Simatupang Kav. 10 RT.6/14 Pondok Pinang Kebayoran Lama, Jakarta Selatan 12310. Telepon : 0411 366 2154 – 0851-71117-123

 

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com