Nasional

Pemerintah Tunda Bahas RUU Ideologi Pancasila, Ini Harapan MUI

Ilustrasi

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Pemerintah telah meminta pada Dewan Perwakilan Rakyat untuk menunda pembahasan Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (HIP). Majelis Ulama Indonesia menanggapi positif langkah pemerintah dalam mengatasi isu yang mereka nilai bermasalah.

“Hal ini memang menimbulkan kegelisahan yang bukan main. Dan kami berharap kepada semua ormas-ormas agar menjadikan ini sebagai pendinginan suasana,” tutur Ketua MUI BIdang Hukum dan Perundang-Undangan Buya Basri, dalam teleconference bersama Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Selasa, 16 Juni 2020.

Buya hadir sebagai perwakilan dari MUI untuk bertemu Ma’ruf dan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md, di rumah dinas Wakil Presiden di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat. Pertemuan itu khusus membahas keputusan pemerintah untuk meminta DPR menunda pembahasan RUU HIP.

Gelombang protes besar terhadap RUU ini muncul diantaranya dari ormas keagamaan. Selain MUI, PBNU dan PP Muhammadiyah hingga Front Pembela Islam juga ikut bersuara menentang RUU ini.

Meski telah diminta ditunda, Buya mengatakan MUI akan terus mengawal pembahasan RUU ini. Mereka juga siap diajak berdialog dengan DPR jika memang dirasa perlu.

“Kalau perlu berdialog dengan DPR untuk mencabut RUU ini. Sekali lagi MUI apresiasi yang tinggi terhadap pemerintah dalam menyikapi kegelisahan umat ini,” ujar Buya.

 

 

tmp

Baca Juga :   AHY Ungkap Prabowo Minta Siapkan Sejumlah Kader Demokrat untuk Jadi Menteri
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com