DAERAH

Pembangunan Rumah Sakit Regional di Parepare Sulsel Dimulai

MAKASSAR, EDUNEWS.ID – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan mulai melakukan pembangunan enam rumah sakit regional. Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah mengungkapkan, pembangunan fisik tahap pertama dilakukan di RS Regional dr Hasri Ainun Habibie, di Kota Parepare.

“Program ini bertujuan untuk mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, khususnya RS Tipe B. Agar lonjakan pasien tidak terjadi dan terputus di Kota Makassar,” ungkap Nurdin Abdullah, Kamis (27/6/2019).

Ia menjelaskan, RS dr Hasri Ainun Habibie ini nantinya akan melayani pasien dari Kota Parepare dan sekitarnya. Seperti Barru, Sidrap, Pinrang, dan kabupaten lainnya. Untuk tetap konsisten mendorong percepatan pembangunan di 24 kabupaten kota se-Sulsel, Pemprov kata dia akan terus berkomunikasi dengan pemerintah daerah.

“Pemprov akan terus bersinergi dengan pemerintah daerah untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia. Mohon doanya,” katanya.

Kota Parepare, pembangunan fasilitas pelayanan kesehatan atau RS Regional Tipe B lainnya, akan ditempatkan di Kota Palopo dan Kabupaten Bone. Keduanya juga sudah masuk tahap tender proyek untuk dikerjakan.

Sebelumnya, Wali Kota Parepare, H Taufan Pawe, memastikan, rumah sakit regional pertama di luar Makassar akan hadir di daerahnya, akhir tahun ini.

“Saya akan wujudkan rencana gubernur menghadirkan rumah sakit regional di daerah. Saya tidak akan mempermalukan gubernur, apalagi ini rumah sakit regional, di Parepare yang pertama,” ujar Taufan saat menghadap Gubernur Sulsel, di rumah jabatan, belum lama ini. W

Kota Parepare dua periode ini menjelaskan, Rumah Sakit Regional Parepare ini akan melayani pasien penyakit tertentu dari Kawasan Indonesia Timur. Pembangunan rumah sakit tersebut merupakan hasil dari bantuan keuangan daerah sebesar Rp 75 miliar dari Pemprov Sulsel. R

Regional Parepare ini dijamin yang terbaik dari enam rumah sakit regional yang dibangun Pemprov Sulsel. Didukung 44 dokter spesialis, dilengkapi fasilitas klinik, minicafe, ICU umum dan ICU VIP, laboratorium, radiologi, serta 45 kamar operasi standar internasional.

rky

To Top