Politik

Ray Rangkuti : Kasus Century Bisa Pengaruhi Elektabilitas Demokrat

 
 
JAKARTA, EDUNEWS.ID – Pengamat politik Lingkar Madani, Ray Rangkuti, berpendapat mencuatnya kasus Bank Century dapat memengaruhi elektabilitas Partai Demokrat pada Pemilu 2019. Kasus ini menyeret nama Boediono yang sempat menjadi wakil presiden dari Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Ketua Umum Demokrat.
Terlebih, sidang praperadilan Century baru-baru ini memerintahkan KPK menetapkan Boediono sebagai tersangka.
“Menurut saya sih ya (bisa berpengaruh), sangat mungkin, ya isu Century itu, tapi kita lihat apakah setahun ini isu itu dinaikkan atau tidak tergantung KPK. Tapi, kalau itu terjadi sangat bisa menohok Demokrat,” kata Ray saat ditemui di D’Hotel, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (24/4/2018).
Hanya saja, dia menilai, kasus Century tak mesti membuat Demokrat tersandera untuk mendukung poros Jokowi di Pilpres 2019. Menurut dia, peluang Demokrat membentuk poros ketiga masih ada. Sejauh ini, partai yang belum tegas menyatakan sikap dukungan kepada poros Jokowi atau Prabowo Subianto adalah Demokrat, PKB, dan PAN.
Ray melanjutkan, PKB sendiri cenderung mendukung Jokowi. Jika akhirnya Demokrat mendukung Jokowi dan meminta jatah cawapres, menurut Ray, PKB tak akan sudi. Maka dari itu, peluang untuk kesepakatan poros ketiga masih ada.
“Membuat poros baru itu enggak sulit, memang ada keinginan keras dari Pak SBY membuat koalisi baru itu tetapi kalo hitung hitungan di atas kertas menurut saya bisa,” ujarnya.

To Top