News

PWI : Aksi Simpatisan PDIP Tidak Sejalan dengan Posisi Megawati

 

 

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Ketua Dewan Kehormatan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Ilham Bintang mengecam keras aksi sepihak yang dilakukan simpatisan PDI Perjuangan terhadap kantor media massa Radar Bogor.

Menurutnya cara-cara tersebut bertentangan dengan Pancasila, dan sudah barang tentu tidak sejalan dengan posisi Megawati Soekarnoputri selaku Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

“Cara-cara seperti itu dapat membungkam kebebasan pers, dan bertentangan dengan Pancasila,” ujarnya dalam acara Kabar Malam TVOne, Sabtu (2/6/2018).

Sebelumnya, PWI Pusat menyatakan bahwa tindakan yang mengatasnamakan PDIP Bogor tidak mencerminkan prinsip-prinsip penyelesaian sengketa pers yang bermartabat dan demokratis.

PWI juga meminta kepada siapapun, khususnya PDIP Bogor, agar dalam menyampaikan keberatan atau tuntutan terhadap pemberitaan pers senantiasa menggunakan cara cara demokratis-prosedural sebagaimana telah diatur dalam UU 40/1999 tentang Pers.

PWI Pusat juga menyarankan agar Radar Bogor mengadukan masalah yang dihadapinya kepada Dewan Pers dengan harapan akan mendapatkan penyelesaian yang sesuai dengan jiwa dan semangat UU 40/1999.

To Top