Nasional

Wacana PNS akan Digantikan Robot, Begini Kata MenPAN-RB Tjahjo Kumolo

Ilustrasi ASN

JAKARTA, EDUNEWS.ID– Kabar Aparatur Sipil Negara (ASN) atau PNS bakal digantikan robot semakin mengemuka, Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo pun ikut angkat bicara.

Menurut Tjahjo, rencana PNS digantikan robot bukan berarti semua PNS digantikan kerjanya oleh robot.
Menurutnya, yang diinginkan Presiden Joko Widodo adalah kecepatan pelayanan dan inovasi teknologi yang harus dilakukan oleh abdi negara.

“Sekarang keinginan pak Jokowi kalau PNS diganti dengan robot itu bukan berarti PNS dipangkas kita buat robot. Itu tidak begitu. Tapi kecepatan layanan dan inovasi tadi yang diinginkan pak Jokowi,” kata Tjahjo dalam Seminar Reformasi Birokrasi dan Penandatanganan Butir Komitmen Kepala Daerah yang digelar secara virtual, Rabu (1/12/2021).

Baca juga : Kabar Buruk Bagi PNS, Pemerintah Bakal Jadikan Robot untuk Pelayanan Birokrasi

Yang pasti, kata Tjahjo pemerintah ingin membangun adanya efektivitas pengambilan kebijakan hingga efisiensi anggaran.

“Saya kira konteksnya ini panjang dan inti ke belakangnya adalah bagaimana bangun efektivitas pengambilan kebijakan politik, pembangunan pemerintahan pusat dan daerah lancar, dan sampai pada efisiensi anggaran,” kata Tjahjo.

Sebagai contoh saja misalnya penggunaan teknologi untuk mempercepat layanan publik terintegrasi. Dari 500 kabupaten dan kota di Indonesia saja, baru hanya sekitar 100 wilayah yang memiliki layanan administrasi cepat, bahkan sehari urus bisa selesai.

“Layanan publik yang terintegrasi dari 500 kabupaten kota itu belum sampai 100 yang untuk satu atap orang datang masuk bisa selesai urusan. Itu belum sampai ada 100 wilayah,” kata Tjahjo.

Sebelumnya, Badan Kepegawaian Negara (BKN) sudah buka suara soal wacana PNS digantikan robot. Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum Dan Kerja Sama BKN Satya Pratama mengatakan ke depannya pemerintah akan lebih banyak menggunakan teknologi digital dalam memberikan pelayanan kepada publik. Atas dasar itu jumlah PNS akan dikurangi secara bertahap dan digantikan dengan robot.

“Jadi (PNS digantikan robot), ke depannya pemerintah akan menggunakan teknologi digital untuk meningkatkan pelayanan kepada publik. Jumlah PNS tidak akan gemuk dan akan dikurangi secara bertahap,” kata Satya beberapa waktu yang lalu.

Meski begitu, bukan berarti seluruh PNS akan dipecat dan digantikan robot. Melainkan kolaborasi antara sumber daya manusia dengan teknologi yang saat ini sudah mulai banyak dilakukan seperti saat pembuatan SIM dan Paspor.

“Banyak sekali saat ini pelayanan publik yang tidak membutuhkan tatap muka, tapi menggunakan aplikasi. Publik yang meminta layanan dapat mengunggah dokumen digital sebagai syarat administratif, dan jika memenuhi syarat maka dokumen yang diminta dapat diunduh setelah diterbitkan oleh kementerian/lembaga (K/L) terkait,” jelas Satya (int/dtk)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : redaksi@edunews.id – redaksiedunews@gmail.com

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2021 Edunews.ID

To Top