BEASISWA, EDUNEWS.ID – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) membuka pendaftaran Beasiswa S2 Kominfo Dalam Negeri. Terdapat 10 perguruan tinggi yang dapat dipilih untuk menempuh pendidikan di bidang komunikasi dan informatika.
Program ini terbuka untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS), anggota TNI/Polri, hingga masyarakat umum non-PNS dari Kementerian/LPNK/BUMN/Swasta/Pelaku startup lokal yang bekerja di bidang TIK.
Buat kalian yang tertarik, yuk simak informasi lengkapnya dikutip dari beasiswa.kominfo.go.id:
Persyaratan umum
- Warga negara Indonesia (WNI)
- Masih aktif bekerja dan memiliki masa kerja minimum 2 tahun pada saat melamar (Dibuktikan dengan SK CPNS/PNS/dokumen serupa lainnya bagi PNS/TNI/Polri dan Surat Keterangan Kerja bagi pelamar umum)
- Tidak ditujukan bagi pelamar yang berprofesi sebagai dosen
- Usia maksimal pada saat mendaftarkan diri: Maksimal 35 Tahun (bagi masyarakat umum); Maksimal 37 Tahun (bagi PNS/TNI/Polri)
- Belum memiliki gelar Magister/ S2 dan tidak sedang mengikuti program pendidikan Magister/S2
- Lulusan S1/DIV dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Minimal 3.00 dari skala 4.00
- Menyusun Rencana Tugas Akhir yang relevan dengan pengembangan transformasi digital nasional (500-1.000 kata)
- Menyusun esai berisi Personal statement dan Rencana kontribusi pasca studi, khususnya kontribusi bagi pengembangan transformasi digital nasional (500-1.000 kata)
- Menyertakan surat rekomendasi dari pimpinan/dosen pembimbing/atau tokoh lain yang memiliki kredibilitas dan diterbitkan paling lama satu tahun pada bulan yang sama dengan pendaftaran (template surat rekomendasi bisa diunduh pada tautan berikut https://komin.fo/template_bk2024
- Mendapatkan surat izin pimpinan yang berwenang dari tempat bekerja untuk menjalani pendidikan
- Diutamakan bagi yang sudah memiliki Letter of Acceptance (LoA) dari Perguruan Tinggi mitra Kominfo
- Bagi pendaftar lulusan perguruan tinggi luar negeri pada jenjang pendidikan sebelumnya, melampirkan: Hasil penyetaraan ijazah dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui laman https://piln.kemdikbud.go.id/ atau Kementerian Agama melalui laman https://diktis.kemenag.go.id/penyetaraanijazah; Hasil konversi IPK dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui laman https://piln.kemdikbud.go.id/ atau Kementerian Agama melalui laman https://diktis.kemenag.go.id/penyetaraanijazah; Tangkapan layar ajuan penyetaraan ijazah dan/atau konversi IPK pada laman Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi atau Kementerian Agama mengenai penyetaraan ijazah dan/atau konversi IPK bagi pendaftar yang penyetaraan ijazah dan/atau konversi IPK-nya belum terbit
- Pelamar tetap harus memenuhi persyaratan pendaftaran yang ditetapkan oleh mitra perguruan tinggi yang dipilih
Persyaratan tambahan bagi PNS, TNI/Polri
- Mendapatkan surat izin dari pejabat berwenang (Minimal Eselon II atau Kepala Kantor) untuk menjalankan pendidikan sesuai dengan ketentuan masing-masing Instansi
- Tugas dan fungsinya dalam pekerjaan berkaitan dengan salah satu program studi yang akan ditempuh, yakni pelayanan informasi dan kehumasan pemerintah, tata kelola Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)/Keamanan Informasi, penyusunan strategi dan kebijakan bidang digital serta peningkatan daya saing nasional dalam sektor ekonomi digital
- Tidak sedang menjalani hukuman disiplin sedang atau berat dan tidak pernah dijatuhi hukuman disiplin paling kurang tingkat sedang dalam 2 (dua) tahun terakhir
- Memenuhi persyaratan penetapan tugas belajar sebagaimana dimaksud SE MENPAN RB Nomor 28 Tahun 2021 tentang Pengembangan Kompetensi Pegawai Negeri Sipil Melalui Jalur Pendidikan
Pilihan kampus dan program studi
Berikut 10 perguruan tinggi pilihan untuk Beasiswa S2 Kominfo Dalam Negeri:
1. Universitas Airlangga
- Magister Media dan Komunikasi
2. Universitas Indonesia
- Magister Ilmu Komunikasi
- Manajemen Keamanan Jaringan Informasi
- Magister Teknologi Informasi
3. Universitas Sumatera Utara
- Magister Ilmu Komunikasi
4. Institute Teknologi Bandung
- Magister Layanan Teknologi Informasi
- Magister Teknik Elektro Rekayasa
- Manajemen Keamanan Informasi
5. Universitas Andalas
- Magister Ilmu Komunikasi
6. Universitas Gadjah Mada
- Magister Ilmu komunikasi
- Magister Kepemimpinan dan Inovasi Kebijakan
- Magister Teknologi Informasi
- Master of Arts in digital Transformation and Competitivense (MA in DTC)
7. Universitas Hasanudin
- Magister Ilmu Komunikasi
8. Institut Teknologi Sepuluh November:
- Magister Teknik Elektro Konsentrasi Telematika (Pengelola TIK)
9. Universitas Syiah Kuala
- Magister Keceredasan Buatan
10. Universitas Sebelas Maret
- Magister Ilmu Komunikasi
Dokumen persyaratan
1. Pendaftar dari PNS/TNI/Polri
- SK CPNS
- SK PNS
- SK Terbaru/Pangkat Terakhir
- Ijazah dan Transkrip Nilai S1
- Daftar Riwayat Hidup
- Surat Izin Atasan dari pimpinan untuk melanjutkan pendidikan tingkat pascasarjana (ditandatangani dengan meterai/e-meterai 10.000 sesuai dengan format Lampiran I)
- Surat rekomendasi dari pimpinan/akademisi/tokoh kredibilitas di bidangnya dan mengenal pelamar dengan baik (sesuai dengan format Lampiran II)
- Rencana Tugas Akhir yang sesuai dengan Pengembangan Transformasi Digital Nasional (500-1.000 kata)
- Esai berisi personal statement dan rencana kontribusi pasca studi, khususnya kontribusi bagi pengembangan transformasi digital Indonesia (500-1.000 kata)
- Pemenuhan persyaratan relevansi tugas dan fungsi pekerjaan dengan program studi yang dipilih, bagi PNS/TNI/Polri dibuktikan dengan Surat Pernyataan Melaksanakan Jabatan (SPMJ) /Surat Keputusan /Surat Tugas yang menyatakan yang bersangkutan tugas dan fungsinya pada Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi/ Pengelolaan TIK /Keamanan Informasi, dan Surat Keputusan Jabatan Struktural bagi yang sudah menjabat atau Surat Penempatan dari unit yang menangani kepegawaian dari masing-masing instansi kepada yang bersangkutan untuk melaksanakan tugas di bidang terkait
- Dokumen lainnya: dapat diisi dengan dokumen yang mendukung atau dokumen yang mendukung tugas dan fungsi pekerjaan dengan program studi yang dipilih, (apabila dokumen yang dilampirkan lebih dari 1, mohon untuk dapat digabung dalam 1 dokumen PDF);
- Surat keterangan lulus penerimaan dari Perguruan Tinggi pilihan
2. Pendaftar non PNS/TNI/Polri
- Daftar riwayat hidup
- Surat Keterangan Kerja
- Ijazah dan Transkrip Nilai S1
- Surat rekomendasi dari pimpinan, tokoh kredibilitas di bidangnya dan mengenal pelamar dengan baik (sesuai dengan format Lampiran II)
- Rencana Tugas Akhir yang sesuai dengan Pengembangan Transformasi Digital Nasional (500-1.000 kata)
- Personal statement (500-1.000 kata)
- Rencana kontribusi pasca studi, khususnya kontribusi bagi pengembangan transformasi digital Indonesia (500-1.000 kata)
- Pemenuhan persyaratan relevansi tugas dan fungsi pekerjaan dengan program studi yang dipilih, dibuktikan dengan dokumen lainnya yang mendukung tugas dan fungsi pekerjaan dengan program studi yang dipilih (apabila dokumen yang dilampirkan lebih dari 1, mohon untuk dapat digabung dalam 1 dokumen PDF)
- Surat keterangan lulus penerimaan dari Perguruan Tinggi pilihan
Alur pendaftaran
- Mendaftar secara daring melalui situs Pendaftaran Beasiswa Kementerian Kominfo: https://beasiswa.kominfo.go.id/
- Pastikan melengkapi prosedur pendaftaran dengan memiliki akun Digital Talent Scholarship (DTS) terlebih dahulu dan dilanjutkan dengan pembuatan akun pada laman website Beasiswa Kominfo
- Pastikan data diri telah tervalidasi pada akun Digital Talent Scholarship (DTS) untuk menghindari data tidak tersimpan sempurna
- Melengkapi dan mengunggah semua dokumen yang dipersyaratkan melalui laman pendaftaran
- Pastikan dokumen-dokumen pendukung seperti Surat Rekomendasi, Surat Keterangan, atau yang sejenis diterbitkan pada tahun 2024 dan sesuai ketentuan Beasiswa Kominfo
- Peserta mendaftar pada perguruan tinggi yang dipilih. Jadwal Seleksi Masuk Mitra Perguruan Tinggi Kementerian Kominfo dapat diakses pada masing-masing situs resmi penerimaan mitra Perguruan Tinggi
Tahapan seleksi
1. Seleksi Administrasi
Data dan dokumen yang telah dilengkapi dan diunggah oleh pelamar melalui website beasiswa akan diverifikasi sesuai ketentuan yang dipersyaratkan
2. Proses Perguruan Tinggi
Telah memiliki LoA
Pelamar mengajukan pendaftaran beasiswa langsung kepada salah satu Perguruan Tinggi pilihan, dengan melakukan pendaftaran daring serta mengirimkan dokumen persyaratan melalui website beasiswa.kominfo.go.id.
Pelamar yang telah memiliki LoA dan masih berlaku dapat berkoordinasi dengan pengelola beasiswa pada tiap prodi perguruan tinggi untuk mendaftarkan diri dan dipertimbangkan sebagai salah satu short list pada program Beasiswa S2 Kemenkominfo.
Belum memiliki LoA
Pelamar mengajukan pendaftaran beasiswa langsung kepada salah satu Perguruan Tinggi pilihan, dengan melakukan pendaftaran daring serta mengirimkan berkas-berkas persyaratan melalui website beasiswa.kominfo.go.id.
Selanjutnya setiap pelamar harus mengikuti ujian saringan masuk atau tes seleksi yang diadakan oleh Perguruan Tinggi sesuai kalender akademik masing-masing. Tes seleksi mahasiswa dapat terdiri atas Tes Potensi Akademik, Tes Kemampuan Bahasa Inggris, Tes kemampuan TIK, maupun Tes Wawancara berdasarkan ketentuan dan standar penerimaan mahasiswa yang berlaku di masing-masing Perguruan Tinggi.
3. Pengumuman
Penetapan penerima Beasiswa Kementerian Kominfo akan disampaikan secara resmi melalui akun masing-masing pada portal website Beasiswa Kominfo dan email.
Benefit beasiswa
Berikur komponen yang bakal diterima penerima beasiswa:
1. Dana Pendidikan
- Biaya Pendidikan (SPP)
- Tunjangan Buku
2. Biaya Pendukung
- Biaya Operasional Bulanan
- Bantuan Seminar dan/atau Publikasi Jurnal
- Biaya Pendaftaran (jika ada)
Jadwal seleksi masuk mitra perguruan tinggi Kementerian Kominfo 2024 dapat diakses pada masing-masing situs resmi penerimaan mitra perguruan tinggi atau website Beasiswa Kominfo pada beasiswa.kominfo.go.id.
