DAERAH

300 Warga ikuti Vaksinasi Mandiri Dosis Pertama di Kantor Kelurahan Mappala Makassar

Suasana vaksinasi mandiri massal di Kantor Kelurahan Mappala di jalan Tamalate II nomor 1A, Kamis (16/9/2021).

MAKASSAR, EDUNEWS.ID – Kelurahan Mapala Kecamatan Rappocini Kota Makassar bekerjasama dengan Kelompok Masyarakat (Pokmas) Lontara menggelar vaksinasi mandiri massal di Kantor Kelurahan Mappala di jalan Tamalate II nomor 1A, Kamis (16/9/2021).

Vaksinasi mandiri tersebut diikuti sekitar 300 orang dan diresmikan langsung oleh Camat Rappocini Syahruddin dengan melakukan pengguntingan pita.

Dalam sambutannya, Camat Rappocini Syafruddin mengakui kekompakan pemerintah kelurahan bersama Kelompok Masyarakat (Pokmas) atas cepatnya pengerjaan kontainer Makassar Recover hingga pada pelaksanaan vaksinasi.

“Alhamdulillah Mappala jadi pionir sudah menghadirkan posko Makassar recover centre, pertama setelah ada instruksi dari bapak wali kota Makassar dan sekarang juga menjadi kelurahan pertama yang menggelar vaksinasi mandiri di kelurahan,” kata Syahruddin yang akrab disapa Allu’ itu.

Camat Rappocini Syahruddin saat menyampaikan sambutan peresmian vaksinasi di Kantor Kelurahan Mappala jalan Tamalate II nomor 1A, Kecamatan Rappocini, Kota Makassar, Kamis (16/9/2021).

Lanjut Allu, ia menyampaikan bahwa berkat kerjasama pemerintah kota dan seluruh warga kota Makassar, kini Kita Daeng itu tidak lagi masuk dalam zona merah, namun berada di zona orange.

“Insya Allah Makassar sekarang menuju hijau, program Makassar recover sudah berjalan dengan baik. InsyaAllah aktifitas akan kembali normal,” ucapnya.

Apalagi saat ini, ada Ada program vaksinasi 100 orang 100 RT per hari secara berkelanjutan dilaksanakan di kota Makassar.

Sementara itu, Lurah Mappala Agusnawati ST MM menuturkan bahwa kegiatan tersebut digelar untuk membantu warga yang belum melakukan vaksinasi tahap pertama.

“Tujuannya kita laksanakan vaksinasi massal ini adanya warga yang masih banyak yang belum melakukan vaksinasi dalam hal ini vaksinasi pertama. Kedua sekarang kan sudah kurang tok untuk vaksinasi pertama, yang ada sekarang vaksinasi kedua jadi warga merasa kesulitan,” tuturnya.

Lurah Mappala Agusnawati ST MM saat memantau vaksinasi mandiri yang dilakukan di Kantor Kelurahan Mappala, jalan Tamalate II nomor 1A, Kecamatan Rappocini, Kota Makassar, Kamis (16/9/2021)

Dirinya juga menceritakan bahwa banyaknya warga yang mengandu ke kantor kelurahan terkait susahnya mendapatkan vaksinasi tahap pertama.

“Jadi mereka datang ke kantor Kelurahan menanyakan hal itu. Bu, dimana ada vaksin pertama? katanya mereka keliling kalaupun ada itu mereka terlambat atau kurang informasi karena biasanya akan mendaftar online banyak warga yang tidak paham hal-hal begitu,” ungkapnya.

Maka dari itu pihaknya membuka vaksinasi massal gratis sebagai solusi untuk warga yang belum vaksinasi pertama.

“Jadi itulah kami pihak kelurahan inisiatif. Bagaimana kalau kita mengadakan vaksinasi massal, jadi saya gandeng Pokmas (Kelompok Masyarakat) Lontara yang ada di kelurahan yang kebetulan juga mereka adalah pelaksana pembangunan posko recovery center, Alhamdulillah ia selesai mengerjakan kurang lebih 20 hari,” terangnya.

Selain itu, Ketua Pokmas Lontara Kelurahan Mappala H Irwan mengatakan, pihaknya merasa bangga atas pengerjaan posko kesehatan sampai pada terselenggaranya vaksinasi untuk kebutuhan warga Mappala.

“Kami dipercaya akan melaksanakan pekerjaan dari pada posko kesehatan atau kontainer Makasih recovery ini dan sangat merasa bangga karena amanah yang diberikan oleh pemerintah kepada Pokmas dapat kami lakukan dengan baik walaupun dengan tenaga dan peralatan sederhana tapi Alhamdulillah akhirnya dapat diperoleh maksimalkan sesuai yang diharapkan,” imbuhnya.

Ketua Pokmas Lontara Kelurahan Mappala H Irwan.

“Kami mengerjakan posko ini kurang lebih selama 3 minggu, dan itu masih bisa kita percepat. Berangkat dari motivasi dari pada seluruh warga masyarakat, remaja Mappala yang antusias sehingga seperti yang dikatakan tadi Pak Camat dapat dibuat sebagai pertama kali, ini menjadi kesyukuran dan memotivasi kami di Kelurahan Mappala,” tambahnya.

Selain itu salah satu warga Mappala Ratna mengucapkan Terima kasih dan rasa syukurnya atas adanya kegiatan vaksinasi mandiri tahap pertama di sekitaran rumah penduduk.

“Alhamdulillah berkat adanya vaksinasi di kelurahan kami ibu rumah tangga yang tidak bisa jauh-jauh dari rumah akhirnya bisa melakukan vaksinasi pertama,” ucapnya.

Warga Kelurahan Mappala Kecamatan Rappocini Kota Makassar, Ratna.

“Sangat membantu ini,” lanjutnya.

Dari pantauan media edunews.id, para warga Mappala antusias mengikuti vaksinasi mandiri di halaman Kantor Kelurahan Mappala, Kecamatan Rappocini dengan menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) dan dikawal langsung oleh TNI-Polri.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top