EDUNEWS

3 Tips Atasi Kecanduan Gadget Anak

Anak Main Gadget/Ilustrasi.

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Di era pandemi ini gerak anak menjadi terbatas. Banyak kegiatan yang seharusnya dilakukan di luar rumah tetapi dilakukan di dalam rumah. Salah satunya yaitu sekolah yang dilakukan dengan daring.

Kegiatan sekolah daring mengharuskan anak berjam-jam di depan layar gadget maupun laptop. Psikolog dari Universitas Airlangga (Unair) Dewi Retno Suminar mengatakan bahwa aktivitas tersebut membuat anak bebas berselancar menyusuri dunia maya.

“Ketika anak sudah haus akan berita, film, dan fasilitas internet lainnya melalui gadget sementara kontrol diri tidak bisa menghentikan, hal itu bisa menyebabkan gangguan yang ditandai dengan rasa gelisah dan tidak bisa tidur nyenyak,” terang Dewi dalam keterangan yang diterima detikEdu, Jumat (30/4/2021).

Ada beberapa masalah yang muncul akibat kecanduan gadget yaitu terhambatnya interaksi anak dengan orang lain, anak merasa kesepian ketika gadgetnya tidak berada di dekatnya, mudah marah dan panik saat ketinggalan informasi.

“Kecanduan gadget ini pada anak ini membuat anak stress ketika tahu ada teman usianya mengabarkan hal-hal yang melebihi dirinya di medsos dan itu bisa menyebabkannya mengalami gangguan FoMo (Fear of Missing Out),” ujar psikolog Unair tersebut.

Lebih lanjut psikolog yang lahir di Pacitan ini berpendapat bahwa kita tidak dapat menyalahkan gadgetnya melainkan perlunya penekanan terhadap pemanfaatan dari gadget tersebut. Berikut adalah tips untuk atasi kecanduan gadget anak dari Dewi Retno Suminar:

1. Membuat Kesepakatan Waktu Penggunaan Gadget

Dalam membatasi kecanduan gadget pada anak perlu adanya kontrol dan batasan waktu dalam menggunakan gadget. Hal ini dilakukan dengan memberikan kesepakatan berapa jam anak dapat bermain gadget. Jika anak menggunakan gadget melebihi dari separuh waktu di luar jam tidurnya maka harus melakukan aktivitas yang tidak melibatkan gadget.

2. Buat Aktivitas yang Dapat Mengalihkan Perhatian Anak

Aktivitas yang dapat mengalihkan perhatian anak pada kecanduan gadget adalah dengan bermain permainan tradisional, olahraga ringan, bersih-bersih rumah, dan mengatur ruangan. Bunda, juga bisa mengajak anak untuk membantu memasak atau berkebun. Kegiatan tersebut dapat mengembangkan kemampuan interaksi sosial anak.

3. Orang Tua Harus Memberikan Contoh Pemanfaatan Gadget yang Tepat

Kebiasaan anak yang buruk seperti kecanduan gadget dapat dikurangi apabila orang tua memberikan contoh yang tepat mengenai pemanfaatan gadget. Hal itu dapat dilakukan dengan membatasi waktu bermain gadget, menjauhi anak dari aktivitas yang menggunakan gadget, memberikan hukuman apabila anak melanggar batas waktu perjanjian bermain gadget, dan berikan hadiah jika anak dapat menaatinya.

Nah itu tadi adalah tips atasi kecanduan gadget pada anak yang bisa Bunda tiru. Tetap awasi dan perhatikan anak saat bermain gadget ya!

dtk

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com