Kampus

AICIS 2016, Tiga Jurnal Milik PTKIN Diakui Internasional

Menag Lukman Hakim Saifuddin menyerahkan Penghargaan bagi PTKIN penyumbang makalah AICIS 2016 terbanyak.

LAMPUNG, EDUNEWS.ID – Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama (Kemenag) Kamaruddin Amin saat pembukaan Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) ke-16 di Lampung , kemarin (1/11/2016) mengatakan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) memiliki tiga jurnal yang terakreditasi dan terindeks di Scopus yang diakui secara internasional.

“Yakni Jurnal Al-Jamiah (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta), Studia Islamika (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta), Journal of Indonesian Islam (UIN Sunan Ampel Surabaya). Oleh karenanya, seorang calon profesor di Indonesia, salah satu syarat untuk menjadi profesor di bidang humaniora dan social sciences harus menerbitkan jurnal di 3 (tiga) jurnal milik PTKI tadi,” kata Kamaruddin.

Selain itu, Kamaruddin memaparkan, Kemenag juga tengah mengembangkan Moraref, situs ini saat ini memuat kurang lebih 417 jurnal yang dapat diakses secara online. Kamaruddin Amin juga menyampaikan, saat ini jumlah doktor di bawah naungan Kementerian Agama mencapai 3.500 doktor dari total dosen 31.500 dosen yang telah tersertifikasi sebagai pendidik profesional.

Dijelaskannya, Kementerian Agama saat ini tengah memperjuangkan terbitnya Peraturan Pemerintah tentang Pendidikan Tinggi Keagamaan, di mana pada salah satu pasalnya mengamanahkan bahwa, untuk kenaikan pangkat dosen dari lektur kepala sampai profesor di bidang agama dinilai dan ditetapkan oleh Menteri Agama RI.

“Kami berharap dengan keluarnya PP PTK ini, jumlah profesor kita akan bertambah tanpa mengurangi mutu dan kualitas,” ujar Kamaruddin.

Perlu diketahui, Scopus merupakan sebuah pusat data terbesar di dunia yang mencakup puluhan juta literatur ilmiah yang terbit sejak puluhan tahun yang lalu sampai saat ini. Bahkan, walau jumlahnya tidak signifikan ada beberapa literatur dalam pusat data Scopus yang sudah diterbitkan di jaman sebelum terjadi Perang Dunia II.

Fungsi utama Scopus adalah membuat indeks literatur ilmiah untuk memberikan informasi yang akurat mengenai metadata masing-masing artikel ilmiah secara individual, termasuk di dalamnya adalah data publikasi, abstrak, referensi, dan lainnya.

To Top