Kampus

Gandeng Universitas Trilogi, Kemenristekdikti Perkuat Semangat Inovasi Teknologi

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Derasnya perkembangan teknologi seharusnya difungsikan secara optimal. Apalagi bagi Perguruan Tinggi (PT), riset sebaiknya berpihak pada pemanfaatan teknologi yang kemudian bisa bermanfaat bagi masyarakat banyak. Selanjutnya, diperlukannya juga hilirisasi dan komersialisasi agar hasil riset tersebut tidak jalan di tempat.

Untuk itulah, pemerintah melalui Kemeterian Riset , Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) terus melakukan upaya memperkuat semangat inovasi. Terutama bagi PT yang dianggap sebagai pusat aktifitas akademik.

“Tahun 2017 ini, Kemeristekdikti melalui Direktorat Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi  mempunyai 3 (tiga) program insentif yaitu bagi Calon Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi di Perguruan Tinggi, Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi di Perguruan Tinggi, Inkubasi Bisnis Teknologi,” ujar Sari Mayang, perwakilan dari Kemenristekdikti saat memberikan sambutan acara.

Lanjutnya, jika dilihat dari program ini maka kita bisa melihat sekarang ada penambahan fungsi yaitu hilirisasi dan komersialisasi.

“Sehingga tidak hanya terhenti pada pengabdian masyarakat saja, oleh karena itu silahkan dimanfaatkan semaksimal mungkin peluang ini,” ujarnya.

Acara yang berlangsung atas kerjasama Kemenristekdikti  dan Universitas Trilogi ini diikuti oleh lebih dari 300 peserta. Peserta tidak hanya berasal dari PTN maupun PTS wilayah Kopertis III dan Kopertis IV, tetapi juga diikuti oleh mahasiswa dari berbagai kampus.  Oleh karena itu, dalam sambutannya Rektor Universitas Trilogi, Prof. Dr. Asep Saefuddin meminta agar kampus terus memaksimalkan kegiatan riset.

“Mari kita manfaatkan ide-ide cemerlang yang ada dikampus, agar kampus lebih maju dan negara juga semakin maju. Dengan perkembangan dunia teknologi, kita seharusnya lebih inovatif. Kedepan, saya berharap kampus-kampus tidak melulu bergantung pada APBN saja, karena banyak hal yang bisa kita dapatkan melalui inovasi-inovasi yang diciptakan,” tuturnya dalam membuka acara yang berlangsung kemarin (17/1/2017) di ruang auditorium Universitas Trilogi.

Baca Juga :   Kemenkopolhukam Bentuk Tim Khusus Tangani TPPO Mahasiswa di Jerman

Disampaikannya juga bahwa para peserta yang mengikut acara ini tidak hanya mendengarkan paparan materi.

Tetapi diluar ruangan nanti, selesai acara para peserta bisa melihat berbagai hasil karya keteknoopreneuran mahasiswa Universitas Trilogi. Diantaranya ada yang sudah memenangkan kompetisi nasional dan akan terus kita kembangkan,” sampainya.

Sebagai kampus Teknopreneur, Universitas Trilogi memang konsentrasi membangun jiwa kemandiran dan kolabarotif mahasiswa agar berjiwa kewirausahaan yang  berbasis teknologi. Oleh karena itu, menjadi ciri khas tersendiri, dalam kurikulum pembelajaran di kampus ini mahasiswa diminta membuat proyek yang tekait dengan keteknopreneuran.

Selain itu, untuk memperkuat hasil dari inovasi para mahasiswa tersebut. Universitas Trilogi memiliki pusat inkubator bisnis trilogi yang dikenal dengan nama Inbistro. Inbistro ini juga melayani untuk membantu coworking dan fasilitas kantor, dukungan pengembangan bisnis 7 pengembangan produk, pengemangan wawasan bisnis dan keahlian teknis, akses permodalan, akses jejarang dan kerjasama serta komersialiasi dan pemasaran.

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com