Kampus

Karateka UMSU Ukir Prestasi di Kejuaraan Karate antar Perguruan Tinggi ASEAN

MEDAN, EDUNEWS.ID – Karateka Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) berhasil mengukir prestasi di tingkat internasional dengan tampil sebagai juara umum Kejuaraan Karate ASEAN Championship antar perguruan tinggi ASEAN di Yogyakarta.

“Pada kejuaraan yang digelar di UNY Yogyakarta itu, kita tampil sebagai juara umum dengan tujuh emas dan tiga perak,” kata Rektor UMSU Dr Agussani di Medan, kemarin (2/11/2016).

Ia mengatakan, sukses yang diraih karateka mahasiswa UMSU itu menjadi kebanggaan tersendiri, karena mampu membawa nama harum Indonesia di level ASEAN.

Keberhasilan itu juga melengkapi sukses yang telah diraih mahasiswa UMSU sebelumnya, baik di ajang PON maupun di level internasional.

“Seluruh civitas akademika UMSU patut merasa bersyukur karena atlet-atlet mahasiswa mampu mengukir prestasi di level nasional dan internasional, bahkan ada yang tercatat sebagai juara dunia wushu,” katanya.

Dalam kesempatan itu ia juga mengucapkan terimakasih kepada para pembina UKM Karate yang terus mendampingi para mahasiswa berlatih setiap saat, karena disadari tanpa latihan yang baik, tidak akan mungkin meraih juara umum.

Meski demikian ia mengingatkan keberhasilan tersebut jangan langsung membuat berpuas diri, melainkan terus berlatih demi mengejar prestasi yang lebih tinggi lagi nantinya.

Ia juga menyampaikan dalam beberapa bulan terakhir, mahasiswa UMSU juga meraih sejumlah prestasi di bidang olahraga lainnya seperti pada PON di Bandung, Jawa Barat.

Saat itu, mahasiswa UMSU berhasil menymbang sejumlah medali untuk kontingen Sumatera Utara seperti Nova Sinaga dan Tri Winarni peraih emas dari cabang karate, serta Juwita Niza Wasni peraih emas dari wushu.

Selanjutnya Jintar Simanjuntak, peraih perunggu karate, Primayanka Balqis peraih perak arung jeram.

Terakhir Tim Futsal UKM UMSU menjadi wakil Sumatera Utara ke Liga Futsal Nasional (LFN) setelah sukses tampil sebagai juara pertama pada kejuaraan yang digelar Asosiasi Futsal Daerah (AFD) Sumut.

“Itu bukti UMSU menjalankan tata kelola yang baik untuk menghasilkan lulusan dan prestasi atlet untuk memberikan kontribusi yang baik pula pada Sumatera Utara dan bangsa ini,” katanya.

To Top