Kampus

Panitian : Jumlah Pendaftar SNMPTN tahun ini Meningkat

 

 

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Masa pendaftaran seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) berakhir hari ini (6/3/2018). Hingga kemarin (5/3/2018), pendaftar telah menembus 500 ribu orang dengan perkiraan masih akan terus bertambah pada hari terakhir pendaftaran.

Ketua Panitia Nasional SNMPTN Ravik Karsidi mengungkapkan, berdasar data jurnal pendaftaran SNMPTN pada 5 Maret pukul 16.00, total jumlah pendaftar telah mencapai 524.678 siswa.

Jumlah tersebut meningkat dibanding tahun lalu yang sebanyak 517.418 siswa. Dari jumlah tersebut, Ravik menjelaskan bahwa siswa yang sudah melakukan finalisasi pendaftaran tercatat sebanyak 486.723 siswa. Sebanyak 127.315 siswa diantaranya berasal dari jalur Bidikmisi.

”Dari data jurnal juga diketahui siswa yang sudah login tetapi belum mendaftar ada 179.630 siswa,” kata Ravik kemarin (5/3/2018).

Sementara yang sudah mengisi form pendaftaran, namun belum melakukan finalisasi tercatat 37.961 siswa. Pendaftaran akan resmi ditutup hari ini (6/3/2018) sehingga jumlah pendaftar yang tercatat belum final.

“Jadi masih ada kemungkinan jumlah pendaftar bertambah. Terutama dari yang sudah login,” kata Ravik kemarin.

Ravik menambahkan, ada kenaikan jumlah siswa yang eligible (layak) mendaftar berdasar pemeringkatan. Hal itu disebabkan kenaikan jumlah sekolah yang mengisi data di sistem penyimpan nilai rapor siswa atau pangkalan data sekolah dan siswa (PDSS).

“Kenaikannya 1 juta lebih,” terang pria yang menjabat sebagai rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo ini. Ditanya tentang selisih antara yang berhak mendaftar dengan jumlah total pendaftar yang cukup jauh, Ravik menyatakan pihaknya masih menunggu hasil akhir.

Menurutnya, kemungkinan beberapa siswa sudah memahami tentang peluangnya diterima di PTN. “Ada yang memahami bahwa dilihat dari sekolahnya, kecil kemungkinan diterima di PTN tujuan utamanya favorit,” Jelas Ravik.

To Top