Kampus

Riset di Bidang MIPA Dinilai Masih Kurang Dukungan

Wakil Dekan 1 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas (FMIPA) Indonesia (UI), Prof Ridla Bakri

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Gairah penelitian di bidang matematika dan ilmu pengetahuan alam mulai menunjukkan peningkatan di Indonesia. Sayangnya masih ada beberapa kendala yang menghambat perkembangan di bidang ini. Dukungan dan penghargaan yang selayaknya, tidak diberikan bagi penelitian dan pengembangan matematika dan ilmu pengetahuan alam. Hal seperti ini memang lazim terjadi di negara berkembang seperti Indonesia.

“Kami melihat meningkatnya beberapa kelompok penelitian yang sukses memberikan kontribusi bagi negara ini,” jelas Wakil Dekan 1 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas (FMIPA) Indonesia (UI), Prof Ridla Bakri kemarin (1/11/2016).

Hal tersebut, lanjut Bakri, menunjukkan adanya kesadaran bahwa kita bertanggung jawab untuk mengembangkan pengetahuan terkait matematika dan ilmu pengetahuan alam. Kelompok penelitian ini mengalami beberapa kendala. Kendala tersebut di antaranya terkait dana penelitian dan juga minimnya alat penelitian.

Padahal sudah jelas terbukti bahwa matematika dan ilmu pengetahuan alam secara susbtansial memberikan kontribusi pada kehidupan sehari-hari, selain itu mendukung pengembangan teknologi terbaru.

Pada sisi lain, masih ada keterbatasan pengalaman, keahlian dan juga komunikasi di antara para peneliti. Menurut Bakri, hal yang terakhir sesungguhnya sangat penting.

“Karena seperti yang telah diketahui, perkembangan matematika dan ilmu pengetahuan alam diuntungkan dari pertukaran ide yang terjadi selama simposium, konferensi, dan forum formal lainnya,’’ lanjut ahli toksikologi tersebut.

 

To Top