Kampus

SDM Indonesia Tak Sesuai dengan Kebutuhan Dunia Kerja

Suasana kongres pendidikan tinggi sekolah vokasi Indonesia pada Selasa, 28 Oktober 2014 lalu, di hall perpustakaan Sekolah Vokasi UGM.

DEPOK, EDUNEWS.ID – Dunia kerja saat ini tidak dipenuhi sumber daya manusia (SDM) yang memiliki kualifikasi khusus. Lowongan kerja yang jumlahnya terbatas diperebutkan berbagai lulusan dengan latar belakang pendidikan yang beragam dan tidak sesuai kompetensi. Kondisi tersebut merupakan fenomena lama yang terus berulang setiap tahunnya.

Hal tersebut dikatakan Ketua Program Vokasi Universitas Indonesia, Sigit Pranowo Hardiwardoyo dalam Kongres Forum Pendidikan Tinggi Vokasi Indonesia (F-PTVI) ke-III tahun 2016. Sigit mengatakan, fenomena tersebut menggambarkan masih belum terhubungnya dunia pendidikan dengan kebutuhan dunia kerja.

“Tekanan tenaga kerja yang luar biasa hingga peluang dan harapan sekecil apapun harus diambil mereka. Dalam angkatan kerja yang bergelar sarjana (akademik) dan mendapat pendidikan yang setengah-setengah itu akan muncul potensi eksploitasi ledakan yang luar biasa. Mereka memiliki ekspektasi yang sangat tinggi, tetapi kinerjanya rendah,” ujarnya, Senin (7/11/2016).

Dia menuturkan, terdapat tiga hal utama yang akan dibahas dalam kongres tersebut yakni Pembinaan Program Studi Sejenis, Akreditasi dan Sertifikasi, serta Seleksi Mahasiswa Baru Bersama.

To Top