Pendidikan

Masih Banyak Sekolah di Daerah Sulit Dijangkau Jaringan Komunikasi

 

 

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhajir Effendy mengungkapkan bahwa saat ini masih banyak sekolah di daerah yang sulit dijangkau dengan jaringan alat telkomunikasi. Keterbatasan tersebut menjadi kendala dalam menerapkan sistem teknologi informasi komunikasi di sekolah.

“Ini menjadi masalah kita di beberapa daerah karena masih banyak sekolah yang jaringan internetnya kurang bagus dan tidak terjangkau,” kata Muhajir usai menghadiri peluncuran Samsung Smart Learning Class (SSLC) di SMA Pangudi Luhur Jl Brawijaya No 47 Jakarta Selatan, Selasa (20/3/2018) kemarin.

Hal itu terjadi seperti di Malaysia dan beberapa daerah di bagian Timur Indonesia. Dan yang lebih memprihatinkan ada sekitar 54 ribu lebih anak-anak warga tenaga kerja Indonesia yang belum mendapatkan pendidikan yang layak di Sabah Malyasia.

Dia mengatakan bahwa masalah itu sedang dipikirkan dan mengajak semua pihak yang bukan hanya pemerintah termsuk masyarakat harus mendorong solusi untuk penerapan teknologi untuk membantu meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah saat ini.

Saat ini Samsung Electronics sedang meluncurkan program Samsung Smart Learning Class (SSLC). Program itu sejalan dengan program pemerintah untuk meningkatkan kualitas dengan berbasis teknologi. Dalam gadget dalam Tab A Samsung tersebut dapat diakses mata pelajaran dari guru ke siswa, kata Muhajir.

To Top