Pendidikan

Mendikbud Ajak Semua Pihak Bergotong Royong Bangun Pendidikan Karakter

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhajir Effendy

METRO, EDUNEWS.ID – Sebagai negara besar yang keragamannya tiada duanya di dunia Indonesia tidak mungkin dibangun sendiri oleh satu-dua kelompok saja. Untuk itu semua pihak bergotong royong harus dalam hal pendidikan, terutama untuk membangun landasan karakter pada pendidikan dasar.

“Untuk itu Muhammadiyah harus membangun sinergi dan terbuka untuk bekerjasama dengan pihak lain. Ini telah menjadi karakter Muhammadiyah sejak awal, yakni inklusif, dapat menerima dan bekerja sama dengan siapa saja. Sejak dulu sekolah-sekolah Muhammadiyah bisa menerima murid-murid dari kalangan NU, Nasrani, Katolik, dan lain sebagainya. Ini sangat baik untuk membiasakan anak-anak kita hidup dalam perbedaan dan membangun karakter nasionalis,” ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhajir Effendy dihadapan warga Muhammadiyah di Universitas Muhammadiyah Metro, Lampung, Sabtu (19/11/2016).

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendibud) memiliki tugas berat dalam mewujudkan visi Trisakti Presiden Joko Widodo poin ketiga, yaitu berkepribadian dalam kebudayaan.

“Memperhatikan kasus-kasus memprihatinkan yang beredar di media sosial akhir-akhir ini, saya berpandangan bahwa karakter gotong royong dan rasa hormat kita kepada guru dan orang tua mendesak kita bangun kembali,” pungkas Muhajir.

To Top