Pendidikan

Mendikbud Tekankan Empat Hal Kepada Guru Ratusan Guru di Kota Metro

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy SAAT MEMBERIKAN PENGARAHAN DI SMK NEGERI 2 KOTA METRO, LAMPUN, KEMARIN (19/11/2016)

METRO, EDUNEWS.ID – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy mengapresiasi semangat kota Metro membangun kota pendidikan. Muhajir berharap peralihan pengelolaan SMK dan SMA dari kota atau kabupaten kepada pemerintah provinsi tetap didukung.

“Jangan sampai peralihan ini menurunkan kualitas pendidikan,” kata Muhadjir di SMK Negeri 2 Metro, Lampung, kemarin (19/11/2016).

Muhajir menekankan empat hal dalam pengarahannya kepada ratusan guru dan kepala sekolah se-kota Metro. Yakni tentang sertifikasi guru, revitalisasi SMK, distribusi Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan pendidikan karakter.

“Sertifikasi guru tetap jalan, jangan percaya isu yang mengatakan pemerintah menghentikan tunjangan profesi guru. Yang ada adalah memperbaiki kualitas guru, apalagi untuk yang sudah tersertifikasi,” tegas Muhajir.

Muhajir melanjutkan, struktur kebutuhan tenaga kerja di Indonesia memerlukan lebih banyak lulusan SMK sebagai tenaga terampil. Ada empat jurusan SMK yang menjadi prioritas untuk memenuhi kebutuhan tenaga terampil, yakni kemaritiman, ketahanan pangan, pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Di Lampung ini misalnya, lebih baik diperkuat SMK pertanian karena kebutuhan tenaga terampil pertanian sangat besar,” ungkap Muhajir.

To Top