Pendidikan

Peta Pendidikan Indonesia Perlu Perubahan Fundamental

Presiden Singapore Management University (SMU) Arnoud De Meyer

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Kendati ada 200 ribu mahasiswa Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) lulusan perguruan tinggi per tahun, tetapi keahlian yang mereka miliki sering kali tidak sesuai dengan kebutuhan industri. Hal itu juga terlihat pada sektor-sektor yang memiliki pertumbuhan tinggi, seperti otomotif dan pariwisata.

Presiden Singapore Management University (SMU) Arnoud De Meyer tak menampik jika pemerintah Indonesia telah meningkatkan perhatian terhadap reformasi pendidikan. Termasuk, mengintegrasikan lebih banyak modul pelatihan yang relevan dengan TIK ke dalam kurikulum. Serta, mendorong lebih banyak pelajar untuk menyelesaikan pendidikan tinggi.

“Upaya ini dihalangi oleh infrastruktur yang lemah.  Atau, tidak tersedianya tenaga pendidikan berkualitas dalam jumlah yang mencukupi,” ujar Meyer saat meneliti sistem pendidikan lima negara ASEAN, Selasa (1/10/2016).

Mayer mengatakan, pertumbuhan ekonomi yang kuat dalam beberapa tahun belakangan, mampu menurunkan angka pengangguran. Namun, tingkat pengangguran pemuda di Indonesia masih berkisar pada angka 18 persen. Menurutnya, hal itu merupakan masalah serius. Sebab, menghilangkan salah satu aset terpenting negara, yaitu angkatan kerja yang muda dan dinamis.

Baca Juga :   Guru Honorer di Bone Mengabdi 20 Tahun Namun Gagal Jadi PPPK, Kini Temui Pj Bupati
Kerjasama dan Mitra silakan menghubungi 085171117123

ALAMAT

  • Branch Office : Gedung Graha Pena Lt 5 – Regus – 520 Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Pampang, Makassar Sulawesi Selatan 90234
  • Head Office : Plaza Aminta Lt 5 – Blackvox – 504 Jl. TB Simatupang Kav. 10 RT.6/14 Pondok Pinang Kebayoran Lama, Jakarta Selatan 12310. Telepon : 0411 366 2154 – 0851-71117-123

 

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com