Regulasi

Alhamdulillah, 439 ribu Honorer Berpeluang Jadi PNS

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Sebanyak 439 ribu pegawai honorer berpeluang diangkat menjadi pegawai negeri sipil (PNS). Saat ini, DPR sedang menggodok revisi Undang-Undang Aparatur Sipil Negara (ASN). Aturan akan menjadi payung hukum untuk pengangkatan pegawai honorer.

Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) Arif Wibowo menyatakan, nasib pegawai honorer selama ini memang belum jelas. Sebab, tidak ada payung hukum yang menaungi mereka.

“Tentu mereka sangat rentan mendapat diskriminasi dan kesewenang-wenangan. Mereka bisa dengan mudah diberhentikan. Pejabat terkait bisa dengan mudah memindah atau memutus kontrak kerja mereka,” tuturnya.

Arif menyatakan, untuk melindungi hak-hak mereka, DPR mengusulkan revisi Undang-Undang Nomor 5/2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN). Dalam revisi tersebut, bakal dicantumkan ketentuan pengangkatan pegawai honorer.

“Dengan undang-undang itu, pemerintah punya payung hukum untuk mengangkat mereka,” jelasnya.

Arif juga mengungkapkan, saat ini terdapat sekitar 439 ribu pegawai honorer yang dijanjikan pemerintah untuk diangkat sebagai PNS. Tetapi, hingga sekarang, mereka belum juga menjadi PNS. Pegawai-pegawai itulah yang akan menjadi fokus perhatian dengan tetap melakukan proses verifikasi dan validasi.

“Tentu akan disesuaikan dengan kemampuan keuangan negara,” imbuhnya.

Arif menyatakan, setelah pengangkatan seluruh pegawai honorer sebagai PNS, tidak boleh lagi ada pejabat mempekerjakan pegawai honorer. Yang ada hanya PNS.

“Dengan aturan tersebut, tidak akan muncul lagi persoalan pegawai honorer yang sudah lama tidak terselesaikan,” ujar Arif.

To Top