DAERAH

Cabdin Pendidikan Aceh Utara Gelar Pelatihan Kurikulum Merdeka

Kepala cabang dinas Kabupaten Aceh Utara bapak Drs. Ahmad Yamani, M.Pd.

ACEH UTARA, EDUNEWS.ID – Cabang Dinas Pendidikan Aceh Utara gelar pelatihan Peningkatan Tugas Pokok Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah Jenjang SMA/SMK/SLB  Se-Aceh Utara Tahap II.

Kegiatan tersebut digelar di Lido Graha Lhokseumawe mulai 15 -18 Maret 2023.

Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari tersebut diikuti para Wakil bidang Kurikulum sebanyak 72 orang. 

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Aceh Utara, Ahmad Yamani melalui Kasi Manajemen Guru, Tenaga Kependidikan dan Mutu Kesiswaan Cabdin Aceh Utara, Abdul Manan, S.Pd., M.Si, mengatakan tujuan dari kegiatan ini yakni meningkatkan pemahaman wakil kepala sekolah Bidang Kurikulum dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di sekolah masing-masing.

“Semua wakil kepala sekolah wajib memahami dengan baik tugas tambahannya sebagai wakil, apalagi saat ini kita sedang berhadapan dengan dunia yang sangat kompetitif,” ujar Abdul Manan. 

Hal itu menurutnya mengharuskan para pengambil kebijakan di sekolah, termasuk wakil kepala sekolah untuk terus meningkatkan kualitas diri. 

“Ada tuntutan agar para wakil kepala kita untuk lebih telaten dan terampil dalam mengelola Pendidikan, sehingga kualitas Pendidikan kita semakin bagus serta melahirkan SDM yang handal dan memiliki daya saing”, tambahnya. 

Masih menurut Abdul Manan, suasana kelas haruslah penuh keceriaan, sekaligus pengembangan, dan penguatan karakter anak didik sesuai dengan amanat nilai luhur bangsa kita. 

“Sebagaimana yang kita ketahui bahwa kurikulum merdeka bertujuan menciptakan suasana proses pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik dan guru. Kurikulum ini menekankan pendidikan Indonesia pada pengembangan aspek keterampilan dan karakter sesuai dengan nilai-nilai bangsa Indonesia”, lanjutnya. 

Menurut Manan, guru harus mampu mentransfer nilai-nilai luhur di ruang kognitif sehingga lahir manusia bertakwa sekaligus berilmu. 

Baca Juga :   Pembeli Keluhkan Kenaikan Harga Tomat, Tembus 26 Ribu per kg

“Dalam Kurikulum merdeka adanya ruang yang sangat luas dalam hal penyederhanaan RPP termasuk proses evaluasi. Guru–guru diberikan peluang dalam pemanfaatan serta pengembangan RPP menyesuaikan dengan kebutuhan. Konsep merdeka dalam pelaksanaan pembelajaran juga memberikan kesempatan serta ruang yang luas bagi siswa dalam belajar (student center) secara lebih nyata, tutup Abdul Manan dalam sambutannya itu. 

Adapun narasumber yang diundang dalam pelatihan ini adalah Maimun dan Irwan Putra yang merupakan dosen FKIP Universitas Syiah Kuala.

Salah seorang peserta pelatihan, Rika Syukrina mengaku senang dengan pelatihan itu. Ia mengaku perlu memahami tupoksi wakil kepala bidang kurikulum sehingga nantinya dapat memberikan arahan dan masukan bagi guru-guru di sekolah. 

“Saya bersyukur dan senang, Cabdin pendidikan Aceh Utara berinisiatif menggelar pelatihan yang belum pernah dilakukan sebelumnya, apalagi ini terkait kurikulum merdeka bagi kami wakil kepala sekolah bidang kurikulum”, ucap Rika. 

Ia juga berharap pelatihan bagi wakil kepala sekolah bidang lainnya dapat dilaksanakan sehingga memudahkan sekolah dalam mewujudkan tujuan pendidikan 

“Semoga kegiatan pelatihan khusus seperti ini dapat dilakukan juga bagi wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, bidang sarana dan bidang hubungan masyarakat,” lanjut Rika Syukrina yang merupakan guru penggerak di Kabupaten Aceh Utara.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dan Mitra silakan menghubungi 085171117123

ALAMAT

  • Branch Office : Gedung Graha Pena Lt 5 – Regus – 520 Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Pampang, Makassar Sulawesi Selatan 90234
  • Head Office : Plaza Aminta Lt 5 – Blackvox – 504 Jl. TB Simatupang Kav. 10 RT.6/14 Pondok Pinang Kebayoran Lama, Jakarta Selatan 12310. Telepon : 0411 366 2154 – 0851-71117-123

 

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com