Internasional

Dituduh Rasis, McDonald’s Digugat Rp150 Triliun

JAKARTA, EDUNEWS.ID-Perusahaan makanan siap saji, McDonald’s dituntut membayar US$ 10 miliar atau setara Rp 150 triliun.
Tuntutan itu didapat karena perusahaan dianggap rasis oleh pemilik media orang kulit hitam, Byron Allen dari Allen Media.
Byron Allen menilai McDonald’s tidak memasang iklan di media-media milik orang kulit hitam. Melalui perusahaannya, Ia mengadukan hal itu dan mencoba membuktikan bahwa McDonald’s melanggar undang-undang hak-hak sipil. Kasus ini akan disidangkan pada Mei 2023.

Melalui siaran pers, Allen Media menerangkan bahwa dari total anggaran iklan McDonald’s US$ 1,6 miliar, hanya US$ 5 juta yang digunakan untuk beriklan di media milik orang kulit hitam. Dalam keterangan itu, disebutkan McDonald’s diketahui telah menolak untuk beriklan di jaringan media Allen, Weather Channel dan Comedy TV.

Allen Media juga menuduh McDonald’s menurunkan anggaran iklan media kulit hitam. Akibatnya pendapatan iklan di media kulit hitam menurun jutaan dolar.

“McDonald’s mengambil miliaran dari konsumen Afrika-Amerika. Defisit perdagangan terbesar di Amerika adalah perbedaan perdagangan antara perusahaan kulit putih dan kulit hitam, dan McDonald’s bersalah karena melanggengkan perbedaan ini,” jelas Allen dalam siaran pers, dikutip dari CNN, Senin (26/9/2022).

Sebagai tanggapan, pengacara McDonald’s Loretta Lynch, mengatakan pihaknya akan membuktikan perusahaan tidak melakukan kesalahan. Bahkan tidak melakukan diskriminasi seperti yang dituduhkan Allen Media.

“Keluhan mereka adalah tentang pendapatan, bukan ras, dan tuduhan tak berdasar penggugat mengabaikan alasan bisnis sah McDonald’s untuk tidak berinvestasi lebih banyak pada saluran mereka dan hubungan bisnis jangka panjang perusahaan dengan banyak mitra milik beragam lainnya,” kata Lynch.

Sementara, sebelumnya McDonald’s (MCD) mengumumkan mereka akan meningkatkan iklan dengan perusahaan milik kulit hitam dari 2% menjadi 5% pada tahun 2024.

Baca Juga :   Rilis Terbaru Archi : Ridwan Kamil dan Sahroni Berpotensi 'Head to Head' di Pilgub DKI 2024

Berkaitan dengan tuntutan kasus rasis, McDonald’s pernah mengalami tuntutan yang serupa. Pada 2021, perusahaan digugat oleh Pemilik waralaba kulit hitam.

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com