Internasional

Akhiri Masa Kepemimpinnya, Obama Sampaikan Pidato Perpisahan di Chicago

Presiden Amerika Serikat Barack Obama

HAWAI, EDUNEWS.ID – Presiden Amerika Serikat Barack Obama akan menyampaikan pidato perpisahan pada 10 Januari 2017 untuk merefleksikan masa kekuasaannya dan menyampaikan terima kasih kepada para pendukung, kata Obama dalam emailnya yang dirilis hari ini.

Obama yang mencatat bahwa presiden pertama Amerika, George Washington, juga pernah menyampaikan pidato perpisahan pada 1796, mengungkapkan bahwa dia akan menyampaikan pidato itu di kota asalnya, Chicago.

“Saya memikirkan sebuah pidato sebagai kesempatan untuk menyampaikan terima kasih kepada Anda semua atas perjalanan luar biasa ini, untuk merayakan cara Anda semua mengubah negeri ini untuk lebih baik lagi dalam delapan tahun terakhir ini, dan menawarkan gagasan mengenai dari mana kita semua melangkah,” kata Obama.

Donald Trump akan dilantik pada 20 Januari 2017. Selama berkampanye, Trump bersumpah akan menganulir kebijakan-kebijakan Obama, termasuk undang-undang layanan kesehatan (Obamacare).

Obama berusaha memastikan transisi kekuasaan yang lembut kendati dia berbeda tajam dengan Trump. Dia juga meninggalkan partainya tanpa meninggalkan penerus yang jelas.

“Sejak 2009, kita telah menghadapi serangkaian tantangan dan bisa melewati itu semua untuk menjadi lebih kuat,” kata Obama, dalam emailnya itu seperti dikutip Reuters.

“Itu karena kita tidak pernah meninggalkan keyakinan yang telah menuntun kita semua sejak para bapak pendiri bangsa bahwa bersama-sama, kita bisa mengubah negara ini menjadi lebih baik.

To Top