Nasional

Kata Kepala Bappenas Soal Dampak Dana Alokasi Khusus ke Ekonomi Daerah

JAKARTA, EDUNEWS.ID  Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengungkap dampak Dana Alokasi Khusus (DAK) ke ekonomi daerah. Dia mengatakan, sebagai bagian dari transfer ke daerah, DAK memiliki peran penting dalam modal belanja daerah.

Suharso mengatakan, berdasarkan kajian Bappenas, dampak belanja pemerintah daerah di Indonesia diperkirakan 0,78%.

“Artinya setiap peningkatan belanja daerah sebesar 1% itu diestimasikan akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah sebesar 0,78%” kata Suharso dikutip dari detikfinance, Jumat (14/6/2024).

Ia menerangkan, DAK memberikan dampak besar terhadap pertumbuhan modal belanja daerah.

“Korelasi positif DAK dengan belanja modal daerah di mana setiap peningkatan 1% pendapatan daerah dari DAK itu diestimasikan akan meningkatkan belanja modal di daerah sebesar 1,3%,” ungkapnya.

Ia mengungkap, belanja modal merupakan belanja yang produktif. Manfaat jangka menengah maupun panjang bisa diberikan dari belanja modal tersebut.

Suharso juga menantang pemerintah daerah untuk melakukan belanja modal yang berpotensi menghasilkan pendapatan. Membangun rumah sakit merupakan salah satu contohnya.

“Bahkan saya ingin men-challenge daerah kalau ingin melakukan belanja modal. Lakukanlah belanja modal yang punya potensi revenue, jadi revenue base capital expenditure, dengan demikian maka dia akan menghasilkan PAD bagi daerah,” tutupnya.

Baca Juga :   Walhi: Bahlil Tak Bisa Tiba-tiba Buat Izin Tambang untuk PBNU
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dan Mitra silakan menghubungi 085171117123

ALAMAT

  • Branch Office : Gedung Graha Pena Lt 5 – Regus – 520 Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Pampang, Makassar Sulawesi Selatan 90234
  • Head Office : Plaza Aminta Lt 5 – Blackvox – 504 Jl. TB Simatupang Kav. 10 RT.6/14 Pondok Pinang Kebayoran Lama, Jakarta Selatan 12310. Telepon : 0411 366 2154 – 0851-71117-123

 

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com