Nasional

TGB : Agama dan Kebangsaan Tidak Perlu Dipertentangkan

 

 

BANDUNG, EDUNEWS.ID – Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Muhammad Zainul Madji atau yang lebih dikenal dengan sebutan Tuan Guru Bajang mengingatkan agar tidak perlu lagi mempertentangkan kebaikan. Menurut dia, kebaikan itu seharusnya disinergikan.

Ia mencontohkan sering kali ada yang mempertentangkan antara keagamaan dan nasionalisme. “Ini bukan soal politis tapi ini dalam ranah kepemimpinan,” ujarnya saat mengisi studium generale di Auditorium Sekolah Bisnis dan Management ITB, baru-baru ini.

Kuliah umum itu mengangkat tema “Menerapkan Nilai Ketuhanan dan Nasionalisme dalam Menjalankan Kepemimpinan yang Berintegritas dan Profesional.”

Tuan Guru Bajang mengatakan agama dan kebangsaan merupakan dua hal yang baik sehingga tidak perlu dipertentangkan. “Ada orang cinta tanah air, tapi tetap saja semua harus sadar akan berakhir dimana sebagai mahluk yang diciptakan tuhan,” ujarnya.

Tuan Guru Bajang juga menyinggung melimpahnya informasi di media sosial. Isinya, banyak yang mempertentangkan dua hal tadi. Sehingga seperti tidak harapan di Indonesia.

“Perlu ada literasi bersama-sama agar menggunakan medsos dengan bertanggung jawab. Semua orang bisa memproduksi Medsos yang bermanfaat bagi kemaslahatan,” katanya.

Selain itu, lanjutnya, pengendalian penggunaan Medsos ini bisa dilakukan dengan cara kultural. Yakni, melalui tokoh agama. “Komunikasi Medsos juga harus terus dicek jangan sampai anak-anak menyebarkan berita hoaks,” katanya.

Ia juga menilai mahasiswa ITB memiliki kredibilitas. Karena, semua masyarakat meletakan harapan besar pada kampus yang melahirkan banyak pemimpin bangsa.

Baca Juga :   Komisi I DPR Dorong Perpres Publisher Rights Jadi Undang-Undang

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com