News

Pemprov DKI Minta Sumbangan ke Dubes Asing, Ketua DPRD DKI : Kenapa harus Meminta-minta ?

Foto Ketua DPRD DKI, Prasetio Edi Marsudi (Detik)

JAKARTA, EDUNEWS.ID-Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi mengkritisi upaya Pemprov DKI yang berkirim surat meminta sumbangan ke duta besar luar negeri. Prasetio menilai permintaan donasi itu mencoreng citra Jakarta sebagai provinsi yang memiliki APDB terbesar dibanding wilayah lainnya.

“Kenapa harus meminta-minta? Saya ingat betul telah menyetujui anggaran BTT untuk penanganan COVID-19 ini Rp 5 triliun lebih di tahun 2020, dan di tahun ini pun saya menyetujui di rapat badan anggaran Rp 5 triliun,” kata Prasetio kepada wartawan, Jumat (2/7/2021).

Politikus PDIP itu mengatakan telah mengalokasikan anggaran penangangan COVID-19 sebesar Rp 10 triliun lebih melalui anggaran Belanja Tidak Terduga (BTT). Khusus di tahun 2021 saja, sebutnya, sekitar Rp 5 triliun anggaran dialokasikan untuk penanggulangan pandemi Corona.

Dengan anggaran sebesar itu, Pras menilai semestinya Pemprov DKI Jakarta mampu mengelola dengan baik kebutuhan warga terkait COVID-19.

“Apakah itu sudah dilakukan dengan alokasi anggaran tadi? Saya tidak tahu. Karena realisasi penggunaan BTT itu tidak pernah ada. DPRD tidak pernah menerima data detail dan konkret dari penggunaan BTT tadi,” ucapnya.

Sebagaimana diketahui, Polemik Pemprov DKI berkirim surat minta sumbangan berbuntut panjang. Bahkan, Surat tersebut kini sudah ditarik kembali oleh Pemprov DKI Jakarta.

Tak hanya itu, surat yang beredar luas tersebut bahkan ditandatangani oleh Kepala Biro Kerja Sama Pemprov DKI Jakarta Andhika Permata pada 28 Juni 2021. Surat tersebut berisi ajakan kepada para dubes untuk berkontribusi mengisi perabotan di Rusun Nagrak Cilincing, Jakarta Utara. Serta meminta ikut andil dalam pemenuhan kebutuhan ekstensi RS penangan COVID-19 di Jakarta.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria juga sudah buka suara terkait surat tersebut. Dia mengatakan ajakan tersebut ditujukan bukan hanya untuk kedutaan besar, tapi juga seluruh elemen masyarakat.

Baca Juga :   Ketua DPD PSI Jakarta Barat Diduga Lakukan Pemerkosaan, Modus Tawari Pekerjaan ke Korban

Namun Riza mengaku perlu mengecek kebenaran surat yang beredar itu ke Sekretaris Daerah.

“Itu bukan ke dubes, itu disampaikan ke seluruh elemen. Nanti dicek ke Pak Sekretaris Daerah persisnya,” kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (1/7).

Riza menjelaskan Pemprov DKI selalu mengajak semua pihak termasuk masyarakat untuk bekerja sama dan kolaborasi menghadapi pandemi COVID-19. Terlebih, menurutnya, saat ini DKI Jakarta tengah menghadapi lonjakan COVID-19.

sumber : detik

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com