News

Per Hari ini, Layanan Pesan Tiket Pesawat Domestik via Online sudah Dibuka, kok bisa ?

harga tiket pesawat untuk rute Jakarta - Makassar, diakses 28 April 2020 pukul 16.00 wib

JAKARTA, EDUNEWS.ID– Pemerintah telah mengeluarkan larangan terbang bagi pesawat komersil di sejumlah rute penerbangan sehubungan dengan penyebaran pandemi covid-19.

Larangan terbang tersebut efektif berlaku sejak tanggal 24 April 2020 hingga tanggal 1 Juni 2020 mendatang. Dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 25 Tahun 2020, hanya rute-rute tertentu saja yang disetop. Acuannya adalah daerah asal/tujuan yang telah berstatus Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Meski larangan terbang bagi pesawat yang diberlakukan oleh pemerintah sampai 1 juni 2020, namun saat redaksi edunews.id mencoba mengakses beberapa layanan pembelian tiket online seperti traveloka dan tiket.com, per hari ini, Selasa 28 April 2020 sudah bisa  dilakukan pembelian tiket pesawat seperti maskapai lion dan batik air, namun penerbangannya dimulai tanggal 3 Mei 2020.

Redaksi kemudian mencoba mengakses layanan pembelian tiket untuk rute Jakarta-Makassar pada pukul 17.00 Wib, harga berkisar antara 1 juta hingga 3 juta perpenumpang untuk penerbangan 3 Mei 2020.

Dibukanya layanan pembelian oleh travel online tersebut mengundang tanya dan kebingungan bagi konsumen yang ingin menggunakan layanan penerbangan pesawat.

Alman, salah seorang mahasiswa asal Sulawesi Barat yang saat ini berada di Jakarta pun berencana melakukan pembelian tiket pesawat. Namun dirinya khawatir karena hingga saat ini belum ada pemberitahuan resmi dari pemerintah tentang informasi dibolehkannya aktifitas penerbangan.

“Di traveloka dan tiket.com sudah bisa pesan tiket pesawat. Cuma saya ragu kok pemerintah belum ada pengumuman resmi. Atau ini tindakan sepihak perusahaan travel online, saya jadi bingung,” ujarnya.

Sebelumnya, Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati menyebutkan, moda transportasi baik darat, laut, udara dan kereta api, dihentikan sementara hingga batas waktu yang ditentukan.

Kendaraan bermotor dilarang beroperasi hingga 31 Mei, transportasi laut hingga 8 Juni, dan kereta api hingga 15 Juni. Baca juga: Polisi: Tak Ada Penutupan Jalan Selama Larangan Mudik, Hanya Mobilisasi Warga Dibatasi

“Dan 1 Juni untuk transportasi udara. Hal ini dapat diperpanjang dengan menyesuaikan pandemi covid-19 di indonesia,” kata Adita saat menyampaikan keterangan pers di Graha BNPB, Jakarta, Kamis (23/4/2020).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top