JAKARTA, EDUNEWS.ID – Di pengujung tahun, banyak orang menghabiskan waktu untuk berlibur atau belanja. Jika di Amerika punya Black Friday, Indonesia punya Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) yang digelar tiap 12 Desember (1212).
Anda yang memiliki lapak online perlu tahu bahwa e-commerce di Indonesia seperti BliBli dan Lazada mengakui transaksi mereka naik 9-10 kali di atas rata-rata pada pengujung tahun. Benda yang banyak dicari pada musim belanja akhir tahun termasuk produk kecantikan dan personal care, gadget dan aksesori, pakaian, serta barang untuk bayi.
Apa yang bisa Anda lakukan untuk musim puncak tersebut? Berikut tips dari Google.
Persiapkan kampanye Harbolnas
Gunakan kombinasi pencarian maupun iklan video guna mencapai para konsumen tersebut di perangkat digital mereka. Pastikan produk Anda menarik.
Anda bisa juga membaca daftar hal-hal yang perlu dilakukan untuk mengoptimisasi situs dan iklan video yang disediakan Google di link berikut ini.
Harus ada di smartphone
Anda bisa menggunakan mobile bid adjustment untuk memastikan brand Anda ada saat para konsumen berbelanja. Untuk kampanye pencarian, Anda dapat mengirimkan pengguna seluler ke halaman yang tepat di situs Anda menggunakan mobile URL di expanded text ads.
Kelola bid dengan efektif dan efisien
Gunakan Smart Bidding di AdWords untuk memaksimalkan kinerja Anda.
Jangan lepaskan konsumen potensial
Monitor anggaran dan tinjau kembali click-share harian Anda agar memastikan Anda tidak kehilangan para konsumen yang siap membeli. Tingkatkan tawaran dan anggaran seiring peningkatan conversion rates dan tetaplah berjualan walau musim liburan telah usai.
[Okezone]