DAERAH

Bantu Tenaga Medis Lawan Corona, Gibran: Lupakan Kegiatan Politik

SOLO, EDUNEWS.ID – Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka memberikan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) dan lainnya untuk 11 rumah sakit (RS) di wilayah Solo Raya, Jawa Tengah. Gibran mengaku sementara waktu melupakan kegiatan politik jelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020.

“Kami lupakan kegiatan politik, dan menggantikannya dengan kegiatan kemanusiaan. Kami fokus kegiatan kemanusiaan, bantu teman-teman medis yang berjuang menangani pasien, seperti melengkapi dengan APD yang langka dan juga vitamin,” kata Gibran di Mapolresta Solo, Selasa (28/4/2020).

Gibran mengaku dirinya juga sudah meminta para relawannya untuk melakukan kegiatan kemanusian di tengah pandemi virus corona. Ia menyerahkan bantuan antara lain, APD medis sebanyak 1.100 stel, vitamin 13.000 saset, masker wajah 2.200 stel, dan masker N95 1.500 buah.

“Seluruh relawan juga kami arahkan untuk kegiatan kemanusiaan,” katanya.

Gibran memberikan bantuan tersebut bersama Kapolda Jawa Tengah Inspektur Jenderal Rycko Amelza Dahniel. Menurut Rycko, jajarannya akan memperhatikan tenaga medis yang menjadi garda terdepan penanganan virus corona.

Rycko mengatakan bahwa pihaknya telah menggandeng beberapa perusahaan swasta untuk menyediakan kebutuhan para tenaga medis, mulai dari APB, masker hingga vitamin.

“Jadi tidak perlu kuatir. Kita telah menggandeng sejumlah pihak termasuk perusahaan swasta untuk memproduksi dan mensuplai kebutuhan APD tenaga medis, dari pakaian, masker sampai vitamin kita kerahkan,” tuturnya.

Bantuan yang diberikan jajaran Polda Jawa Tengah untuk tenaga medis antara lain, satu paket terdiri dari satu box isi 5 stel APD dan 5 pasang sepatu bot, satu box berisi APD 5 stel, masker 5 dus, dan face shield 10 unit.

RS yang menerima bantuan tersebut antara lain RS Tentara DKT Surakarta, RS Kasih Ibu, RSUD Ngipang, RS PKU Muhammadiyah, RSUD Ir Soekarno Sukoharjo, RS Dr.Oen Solo Baru, RS UNS, RSUD Pandanaran Boyolali, RS Darurat Covid-19 Boyolali, dan RS Muhammadiyah Boyolali.

Selain memberikan bantuan tenaga medis, Polda Jawa Tengah juga membagikan sembako untuk warga miskin yang terdampak pandemi virus corona. Polri dan TNI juga mendirikan dapur umum untuk penyapu jalan, tukang becak, tukang ojek dan pemulung.

cnn

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top