Pendidikan

Dorong Penguatan Kemaritiman melalui Pendidikan Kejuruan

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy didampingi oleh Direktur Pembinaan SMA Purwadi Sutanto, dan Direktur Pembinaan SMK Mustaghfirin Amin mengecek beberapa laboratorium serta proses pembangunan Ruang Kelas Baru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 9 Makassar, kemarin (16/11/2016)

MAKASSAR, EDUNEWS.ID – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah melakukan penambahan jumlah guru dengan kompetensi ganda, yakni guru adaptif yang didorong menjadi guru produktif.

Ke depan, diharapkan para ahli dan tenaga berpengalaman bersedia terjun langsung mengajar di SMK, tentunya setelah dilakukan proses penambahan kompetensi keguruan. Selain itu, penyiapan tenaga terampil bidang kemaritiman agar dibenahi secara serius.

“Revitalisasi SMK kita fokuskan pada kemaritiman, ketahanan pangan, pariwisata dan industri dan ekonomi kreatif. Indonesia memiliki potensi sangat besar di bidang tersebut (Kemaritiman) tetapi tenaga terampilnya masih minim,” ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy saat mengunjungi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 9 Makassar, kemarin (16/11/2016).

SMK Negeri 9 sendiri memiliki tiga jurusan yakni Agribisnis Perikanan, Nautika Kapal Penangkap Ikan, dan Elektronika Industri. Jurusan-jurusan ini, kata Mendikbud, sangat cocok untuk Makassar yang memiliki kepulauan dan pantai yang luas.

“Dunia kemaritiman harus kita perkuat dengan menyiapkan tenaga terampil melalui lulusan SMK ini,” pungkas Muhajir.

To Top