Pendidikan

Konferensi Nasional Sejarah, Mendikbud : Peran Sejarah Penting dalam Penguatan Karakter

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy bersama Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani saat memukul gong tanda Konferensi Nasional Sejarah (KNS) ke-10 resmi dibuka di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, kemarin (7/11/2016).

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menekankan pentingnya terus mendorong peningkatan peran sejarah dalam penguatan karakter bangsa Indonesia.

“Konferensi ini (KNS) bertujuan mendekatkan sejarah bukan saja sebagai sebuah ilmu yang mengelana jauh di masa lampau, akan tetapi sejarah juga merupakan titik tolak pendidikan karakter bagi generasi mendatang,” kata Muhadjir dalam pembukaan Konferensi Nasional Sejarah (KNS) ke-10 di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, kemarin(7/11/2016).

Muhajir menambahkan bahwa salah satu fokus pemerintah di bidang pendidikan adalah penguatan pendidikan karakter di jenjang pendidikan dasar. Mendikbud berharap pengajaran dengan model ceramah di kelas diganti dengan aktivitas yang mendorong daya kreativitas, berfikir kritis, dan mengelola risiko.

Pengajaran sejarah misalnya dengan mengajak siswa bermain peran lebih efektif dibandingkan ceramah tentang sejarah.

“Dengan bermain peran inilah anak-anak bisa menghayati, meresapi berbagai macam kejadian sejarah untuk menghayati makna sejarah baik dalam konteks sejarah nasional Indonesia maupun dalam konteks mengisi perjuangan di era sekarang ini,” tambah Muhajir.

Baca Juga :   Guru Honorer di Bone Mengabdi 20 Tahun Namun Gagal Jadi PPPK, Kini Temui Pj Bupati
Kerjasama dan Mitra silakan menghubungi redaksi

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016 @edunews.id

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com