Internasional

Ancaman Badai Matahari Dahsyat akan Hantam Bumi pada 2025, Kiamat ?

Asteroid akan menembus bumi dengan kecepatan 29.000 mph

JAKARRTA, EDUNEWS.ID-Para ilmuwan BMKG AS memperkirakan fenomena badai geomagnetik yang terjadi awal pekan lalu merupakan peringatan akan terjadinya badai matahari yang lebih dahsyat yang diperkirakan akan terjadi pada 2025.

Seperti dilansir dari Daily Star Senin (8/11/2021), fenomena badai matahari minggu lalu terjadi sebagai akibat dari serangkaian ledakan di permukaannya yang menunjukkan bahwa aktivitas matahari tidak hanya mempengaruhi matahari.

Pasalnya, saat erupsi mencapai bumi, dapat menimbulkan fenomena yang disebut cuaca luar angkasa, yang dapat merusak satelit serta menghasilkan peristiwa cahaya aurora.

“Dalam beberapa tahun terakhir, aktivitas matahari hanya sedikit, tetapi sekarang fenomena itu menjadi lebih sering. Ini telah mempercepat siklus matahari berikutnya, yang kami prediksi akan terjadi pada tahun 2025,” kata Bill Murtagh, Koordinator Program Pusat Prakiraan Cuaca Luar Angkasa, Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional AS.

Murtagh menambahkan, badai geomagnetik pekan lalu berasal dari Corona Mass Ejection (CME), yaitu gelombang material dari Matahari yang terkadang meledak.

“CME adalah awan gas plasma seberat miliaran ton yang memiliki medan magnet . Ketika Matahari meniupkan magnet ini ke luar angkasa, mereka akan dipindahkan ke bumi. Namun, bumi memiliki medan magnetnya sendiri dan jika magnet ini bercampur, akan menghasilkan badai geomagnetik yang besar dan menghancurkan,” jelasnya. (int/sind)

Baca Juga :   Kakek Meninggal Dunia Saat Ikut Lomba Baca Al Quran
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com