Nasional

Pemerintah Diminta Konsisten Tertibkan Pungli di Jalan Raya

Ilustrasi.

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) meminta pemerintah menertibkan pungutan liar atau pungli yang dilakukan petugas kepada pengemudi truk di Pelabuhan Tanjung Priok dan di jalan raya secara terus menerus.

Hal itu mengingat Presiden Joko Widodo juga sudah berulang kali menginstruksikan hal tersebut.

Ketua Umum DPP Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) Yukki Nugrahawan Hanafi mengatakan pungli bukan terjadi hanya di lingkungan pelabuhan yang sekarang pelakunya sudah ditangkap.

Bahkan, di luar pelabuhan Tanjung Priok pungli juga merajalela yang dilakukan oleh premanisme saat truk logistik berada di jalan raya sewaktu melakukan aktivitas distribusi barang.

“Ini yang harus menjadi perhatian kita semua. Kita harus bisa menyepakati bahwa penanganan dan pemberantasan pungli dan premanisme ini harus menjadi sebuah kegiatan yang memang terkoordinasi dengan baik dan melibatkan semua pemangku kepentingan. Kalau tidak, masalahnya tidak akan pernah selesai. Masa sih harus setiap 3 tahun diingatkan Presiden?” katanya, Minggu, 13 Juni 2021.

ALFI mencatat persoalan pungli dan premanisme ini bukan yang pertama kalinya Kepala Negara memerintahkan untuk mengatasinya. Pada 2016, Jokowi juga pernah melakukan hal yang sama. Kemudian pada 2018 juga ada pengemudi yang berjalan kaki dari Jawa Tengah ke Jakarta untuk bertemu Jokowi, karena kerap menjadi korban premanisme dan aksi pungli.

Oleh karenanya, Yukki berharap penanganan pungli atau premanisme ini bisa dilakukan dengan lebih konsisten. Tidak hanya di Jakarta, penanganan terhadap pungli tersebut juga harus berlaku umum di seluruh wilayah di Indonesia.

Yukki mengatakan supaya praktik pungli tidak terulang di dalam pelabuhan maupun depo kontainer di luar pelabuhan, mesti ada standard operasional prosedur (SOP) dan pengawasan yang ketat. SOP itu lanjutnya, mesti diawasi secara berkelanjutan.

Baca Juga :   AHY Ungkap Prabowo Minta Siapkan Sejumlah Kader Demokrat untuk Jadi Menteri

Menurutnya kalau di dalam pelabuhan leadingnya regulator seperti KSOP maupun Otoritas Pelabuhan dan pihak manajemen terminal itu sendiri. Sedangkan yang ada diluar pelabuhan mesti dikontrol oleh instansi yang memberikan izin dan bersama oleh manjemen perusahaan.

Sedangkan terhadap aksi premanisme yang kerap terjadi di jalan raya dari dan menuju Pelabuhan, Yukki berharap dilakukan penindakan tegas secara terus menerus. Dia pun membeberkan kalau aksi premanisme atau pungli juga kerap ditemui dalam perjalanan dari dan menuju pelabuhan, bandara, pabrik, gudang maupun tujuan akhir.

Risiko kehilangan barang juga tinggi, terutama untuk barang-barang bernilai tinggi dan mudah dijual seperti lubricant oil, susu atau rokok.

“Jadi mobilnya dibajak, atau ketika sopirnya tidur tiba-tiba barangnya diambil. Ini yang juga harus menjadi perhatian kita semua,” jelasnya.

Yukki yang juga menjabat sebagai komisaris PT Dewata Freightinternational Tbk. (DEAL) juga menginginkan adanya perbaikan sistem transportasi atau akses distribusi dari dan ke Priok yang selama ini seringkali dihantui kemacetan yang pada akhirnya berpotensi menimbulkan aksi premanisme di jalanan.

Seperti diketahui pihak Kepolisian memberantas aksi pungli di lokasi depo kontainer di luar pelabuhan dan di kawasan terminal peti kemas pelabuhan Tanjung Priok yang melibatkan oknum karyawan alih daya atau outsourcing di Jakarta International Container Terminal (JICT).

Penangkapan itu menyusul adanya pengaduan sopir truk kepada Presiden Joko Widodo pada Kamis, 10 Juni 2021, yang kemudian Presiden Jokowi menelpon Kapolri untuk menindaklanjutinya.

Tak butuh waktu lama, Jajaran Kepolisian langsung membekuk para oknum karyawan di depo kontainer dan terminal peti kemas yang terbukti melakukan praktik pungli terhadap para sopir truk.

 

 

tmp

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com