Politik

Suaib Didu : Politik Kartel Bertentangan dengan Pancasila

 

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Hubungan politik antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Republik Rakyat Cina (RRC) kian mesra. Namun hal tersebut justru menimbulkan polemik ditengah masyarakat Indonesia.

Diantaranya adalah isu komunisme Cina Raya, Tenaga Kerja Asing (TKA) Cina ilegal yang menurut data imigrasi mencapai 1,3 juta orang, proyek reklamasi, serta Cina yang menjadi penyuplai narkoba terbesar ke Indonesia.

“Permasalahan yang kita hadapi dalam sistem perpolitikan Indonesia adalah bagaimana cara untuk membangun format politik Indonesia. Format politik yang disusun atas dasar bahwa rakyat adalah pemegang kedaulatan tertinggi,” ujar Suaib Didu dalam diskusi publik yang digelar Qomando Masyarakat Tertindas (Qomat) yang mengangkat tema ‘Ancaman Komunisme Cina Raya dan Bahaya Politik Kartel Keturunan : Fakta atau Ilusi?” Kamis (5/1/2017).

Suaib melanjutkan, kartel politik yang terjadi di kancah perpolitikan Indonesia hanya melemahkan semangat demokrasi, melemahnya sistem kontrol, serta disorientasi kenegaraan dan kesenjangan sosial antara elit politik dan rakyat.

“Kartel politik sangat bertentangan dengan semangat reformasi yang merupakan demokrasi bebas nilai. Ekonomi Indonesia juga dikuasai oleh segelintir orang dan itu jelas bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945,” paparnya.

Suaib menilai perlu ada perhatian khusus dalam menyikapi dan meluruskan tentang penguasaan ekonomi dan sumber kekayaan oleh pihak asing dan perseorangan.

Disadari atau tidak, ancaman komunisme Cina Raya dan bahaya politik kartel keturunan harus diwaspadai bersama demi utuhnya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Baca Juga :   Pakar Hukum Tata Negara Prediksi Gugatan Pilpres Anies dan Ganjar Dikabulkan MK

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com