Pendidikan

Dapat Beasiswa RAPP, Siswa di Kabupaten Pelalawan ini Ingin Terus Lanjutkan Pendidikan

PEKANBARU, EDUNEWS.ID – Dapat mengurangi beban orangtua merupakan kebahagiaan tersendiri yang dirasakan Een Nuraeni (17) siswa kelas XII SMK Pondok Pesantren Hidayatul Ma’arifiyah (PPHM), Kabupaten Pelalawan.

Bagaimana tidak, sejak kelas X SMK, ia selalu mendapatkan beasiswa pendidikan dari PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP). Ini memicu semangatnya untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Hal tersebut ia ungkapkan ketika menerima kembali beasiswa tersebut di Balai Pelatihan dan Pengembangan Usaha Terpadu (BPPUT), Town Site 2, Kabupaten Pelalawan, kemarin (11/11/2016).

Ia mengatakan sangat bahagia mendapatkan beasiswa dari PT RAPP. Beasiswa ini membantu ibunya yang memiliki penghasilan Rp 700 ribu per bulan sebagai asisten rumah tangga karena tidak pusing lagi memikirkan biaya pendidikannya hingga lulus nanti.

“Jujur, saya sangat senang sekali bisa mendapatkan beasiswa ini karena membantu biaya sekolah saya. Selama ini ibu telah bekerja keras untuk uang sekolah saya karena ayah sudah berpulang beberapa tahun yang lalu, sekarang beliau tidak perlu kerja keras lagi. Beasiswa ini memberikan motivasi saya untuk terus belajar dan melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi,” ucapnya dengan mata yang berkaca-kaca.

Tidak hanya Een yang mendapatkan beasiswa dari RAPP, namun 55 siswa dari SMA dan SMK yang berasal dari 10 Desa di sekitar Mill Operasional RAPP.

Turut hadir dalam acara ini Kabid Kurikulum dan Kesiswaan Dinas Pendidikan Kabupaten Pelalawan Martias, Kepala Desa Lalang Sering H M Yunus, Kepala Desa Lalang Kabung , Murlis, Bank BRI Pangkalan Kerinci, Perwakilan Yayasan Tanoto Foundation yang diwakili Medi Yusva dan para orang tua siswa penerima beasiswa.

Martias mengucapkan terima kasih kepada perusahaan pulp dan kertas ini karena telah memberikan bantuan beasiswa kepada siswa di Pelalawan. Program ini merupakan dukungan perusahaan program wajib sekolah 12 tahun.

Menurutnya program ini sangat baik karena membantu kemajuan pendidikan di Pelalawan sendiri khususnya Pangkalan Kerinci. Beasiswa ini harus menjadi motivasi bagi para siswa untuk berprestasi lebih baik lagi.

Sementara itu, Manajer Community Development (CD) RAPP, Sundari Berlian mengatakan program bantuan beasiswa SMA ini merupakan salah satu program CD RAPP dalam bidang pendidikan sebagaimana komitmen perusahaan untuk tumbuh dan berkembang bersama masyarakat disekitar wilayah operasional.

Beasiswa ini harus dimanfaatkan oleh siswa sebagai motivasi untuk meningkatkan prestasi, sehingga siswa menjadi lebih giat dalam belajar untuk mencapai cita citanya dimasa yang akan datang.

“Setiap siswa memperoleh Rp 3 juta selama satu tahun. Semoga beasiswa ini menjadi dorongan mereka lebih berprestasi lagi. Selain bantuan beasiswa tingkat SMA dan SMK, RAPP juga mempunyai program bantuan beasiswa jenjang perguruan tinggi yakni INSTIPER dan ATPK. Setelah lulus, peraih beasiswa ini langsung bekerja di perusahaan,” ujarnya.

Sebelumnya, bantuan beasiswa juga diberikan di RAPP estate Langgam kepada 30 siswa yang berasal dari desa-desa yang berada disekitar operasional Estate Langgam Beasiswa diberikan melalui tabungan yang bekerjasama dengan Bank BRI senilai Rp. 3 juta setiap siswa, dengan total bantuan sebesar 90 juta.

 

[Tribun Pekanbaru]

To Top