SEKOLAH

SMK Telkom Malang juara ‘SMK Inclusive Innovation Challenge 2016’

PARA PEMENANG KOMPETISI 'SMK Inclusive Innovation Challenge 2016'

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberikan penghargaan kepada lima Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) terbaik dalam kompetisi ”, di kantor Kemendikbud, Jakarta pada beberapa waktu yang lalu.

Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kemendikbud (Dirjen Dikdasmen), Hamid Muhammad, mengatakan, ini adalah pintu masuk pertama untuk meningkatkan inovasi dan kewirausahaan bagi siswa SMK. Inovasi dan kewirausahaan (entrepreneurship) merupakan karakter yang perlu ditumbuhkembangkan.

“SMK harus menjadi gudang inovator, menjadi gudang entrepreneurship. Sekarang saatnya SMK merespon tantangan kedepan. Sekarang SMK harus punya partner, partner industri, partner usaha,” kata Hamid.

Kompetisi yang diselenggarakan atas kerjasama antara Indonesia dan Jerman (Deutsche Zusammenarbeit) ini diikuti 23 peserta didik dari 179 SMK di seluruh Indonesia untuk mengikuti pelatihan pembuatan aplikasi telepon pintar sederhana.

Kompetisi ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat inovasi diantara peserta didik SMK agar mereka mendapatkan tantangan menciptakan sebuah solusi inovatif bagi masyarakat, dengan mengintegrasikan perkembangan teknologi Internet of Things (IoT).

Siswa dari SMK Telkom Malang, yang memamerkan teknologi jemuran digital dengan sensor digital yang dapat dikendalikan dari jarak jauh melalui aplikasi telepon pintar berhasil menyabet juara pertama dalam kompetisi tersebut.

To Top